sign up SIGN UP search


moms-life

5 Makanan yang Kaya Vitamin D untuk Jaga Imunitas Tubuh Selama Pandemi

Mutiara Putri Jumat, 16 Jul 2021 15:32 WIB
raw salmon fillet caption
Jakarta -

Selain vitamin C, selama masa pandemi Bunda juga butuh asupan vitamin D, nih. Vitamin D merupakan satu-satunya nutrisi yang diproduksi tubuh saat terkena sinar matahari, Bunda.

Meski begitu, tak semua orang bisa mendapatkan vitamin D langsung dari sinar matahari, Bunda. 50 persen populasi dunia ternyata kekurangan sinar matahari, lho. Bahkan 40 persen penduduk di Amerika Serikat kekurangan vitamin D.

Jumlah vitamin D yang dibutuhkan oleh anak-anak dan orang dewasa per harinya adalah sekitar 600 IU, Bunda. Sedangkan lansia di atas 70 tahun butuh sekitar 800 IU vitamin D per harinya.


Kalau Bunda kurang mendapatkan sinar matahari, jangan khawatir. Ada beberapa makanan yang bisa Bunda konsumsi agar asupan vitamin D harian Bunda terpenuhi.

Banner Rektor Termuda Indonesia

Makanan kaya akan vitamin D

Ada beberapa jenis makanan yang kaya akan nutrisi vitamin D nih, Bunda. Mengutip dari laman Healthline, berikut ini deretan makanannya.

1. Salmon

Salmon adalah ikan berlemak yang kaya akan vitamin D, Bunda. Menurut data Komposisi Makanan Departemen Pertanias AS, 100 gram salmon mengandung 526 IU vitamin D, lho.

Salmon yang ditangkap liar mengandung 988 hingga 1.300 IU vitamin D per 100 gram, Bunda. Sedangkan salmon yang dibudidaya dengan cara ternak hanya mengandung 250 IU vitamin D per 100 gram.

2. Herring dan sarden

Herring adalah ikan yang bisa disajikan dengan berbagai cara, Bunda. Mulai dari mentah, kalengan, asap, hingga diasamkan. Ikan ini juga mengandung vitamin D terbaik, lho.

Herring yang dijadikan acar juga mengandung banyak vitamin D, Bunda. 100 gram acar ikan herring mengandung sekitar 112 IU vitamin D.

Selain ikan herring, ikan sarden kalengan juga menjadi sumber vitamin D yang baik. Satu kaleng 3,8 ons mengandung 177 IU, Bunda.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, simak juga video terapi aroma untuk pulihkan penciuman pasca COVID-19 berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MINYAK HATI IKAN HINGGA JAMUR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!