sign up SIGN UP search


moms-life

Makanan Enak Sumber Vitamin D untuk Tangkal COVID-19

Ratih Wulan Pinandu Jumat, 20 Nov 2020 16:02 WIB
Healthy foods containing vitamin D. Top view caption
Jakarta -

Di tengah pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai, kita dituntut untuk ekstra menjaga kesehatan tubuh. Selain menerapkan 3 M, menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan, jangan lupa juga untuk menjaga kekebalan tubuh ya, Bunda.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menambah asupan vitamin D. Mengutip Medical News Today, sebuah penelitian di tahun 2017 secara tidak langsung menyimpan bukti bahwa vitamin D, mungkin saja memiliki efek perlindungan terhadap COVID-19.


Para peneliti menyoroti bahwa tingkat vitamin D yang memadai, membantu sistem kekebalan tubuh melawan virus SARS_cOV_2, seperti virus lain yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan bagian atas.


Sedangkan mengutip Healthline, vitamin D juga disebut dapat mengurangi keparahan penyakit saat seseorang dinyatakan positif COVID-19. Peneliti dari University of Chigagi Medice yang dipimpin oleh Dr.David Meltzer, kepala kedokteran rumah sakit universitas, menemukan hubungan antara kekurangan vitamin D dan risiko pengembangan COVID-19 nih, Bunda.

Dalam penelitian tersebut, melibatkan 489 pasien di rumah sakit dan ditemukan bahwa ternyata mereka kekurangan vitamin D (didefinisikan sebagai kurang dari 20 nanogram per mililiter darah). Angka tersebut tercatat hampir dua kali lebih mungkin (1,77 kali lebih tingi) untuk dites positif novel coronavirus daripada mereka yang normal tingkat kecukupan vitamin D.

"Temuan ini tampaknya mendukung peran status vitamin D dalam risiko COVID-19," tulis para peneliti.


Mereka juga menyerukan studi klinis lebih lanjut tentang kemungkinan hubungan antara vitamin dan penyakit. Meltzer menyarankan agar kita mencukupi kebutuhan vitamin D melalui asupan makanan. Bahkan itu sama pentingnya dengan memakai masker dan menjaga kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

Sedangkan dalam pembahasan yang lebih umum, vitamin D adalah jenis nutrisi yang diproduksi tubuh saat kulit seseorang terpapar sinar matahari langsung. Selain itu, vitamin D juga dapat diperoleh dari makanan, Bunda.

"Manfaat utama vitamin D adalah membantu menjaga kesehatan tulang, otot, dan saraf. Ini juga berkontribusi pada sistem kekebalan yang sehat," menurut penjelasan Office of Dietary Supplements (ODS).

Untuk mengetahui sumber vitamin D, Bunda bisa baca ulasan selengkapnya di halaman selanjutnya. Klik next ya!

Bunda, simak penjelasan tanaman rempah yang katanya bantu cegah Corona, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Chow Yun Fat dan istri



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi