sign up SIGN UP search

moms-life

8 Tips Merawat Tanaman Hias Juniper Bonsai, Berikan Sinar Matahari Langsung Bun

Juan Satya Senin, 09 Aug 2021 04:00 WIB
Juniper bonsai merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki bentuk yang unik, lho. Jika Bunda tertarik untuk mengoleksi, simak tips merawatnya berikut ini. caption
Jakarta -

Bunda yang gemar memiliki tanaman hias, tentu sudah tidak asing lagi mendengar tanaman bonsai, ya. Bonsai merupakan bentuk seni Jepang kuno yang menumbuhkan miniatur atau pohon berukuran kecil dalam wadah dengan menggunakan teknik budidaya untuk meniru bentuk dan skala pohon.

Juniper bonsai merupakan pilihan yang sangat populer diantara berbagai jenis lainnya lho, Bunda. Hal ini dikarenakan, juniper bonsai memiliki kemudahan dalam merawatnya, bentuk yang dapat divariasikan, dan memiliki dedaunan yang tampak indah.

Pada umumnya, tanaman juniper bonsai mudah dirawat dan dapat tumbuh subur jika diabaikan, Bunda. Tanaman ini akan menghasilkan pertumbuhan yang sempurna untuk penanam yang masih pemula.


Hal ini dikarenakan tanaman juniper bonsai dapat mentolerir, mudah dibentuk, dan sangat cocok untuk teknik penanaman bonsai.

Tips Merawat Juniper Bonsai

Bila Bunda tertarik untuk menjadikan juniper bonsai sebagai tambahan koleksi tanaman hias di halaman rumah, Bunda harus paham dulu nih tentang cara perawatannya. Tujuannya agar tanaman juniper bonsai yang Bunda miliki bisa tumbuh dengan baik.

Nah, sekarang Bunda tidak perlu bingung lagi untuk cara perawatannya, ya, sebab Bunda dapat menyimak delapan tips merawat tanaman juniper bonsai berikut yang telah dilansir dari laman The Spruce.

1. Cahaya

Tanaman hias juniper bonsai membutuhkan sinar matahari langsung yang cerah, Bunda. Alasan inilah yang menjadikan tanaman hias juniper bonsai paling cocok untuk Bunda tanam di luar ruangan untuk sepanjang tahun, lho.

Jadi jangan lupa untuk taruh tanaman ini di luar ruangan, ya, agar kebutuhan sinar mataharinya dapat terpenuhi.

2. Tanah

Tanaman hias juniper bonsai membutuhkan tanah yang sesuai agar dapat tumbuh dengan baik, Bunda. Jadi Bunda dapat menggunakan campuran tanah bonsai yang tersedia secara komersial untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Campuran tanah bonsai yang dikeringkan dengan baik memungkinkan udara dan air dapat mencapai akar tanaman. Biasanya tanah ini merupakan kombinasi dari akadama (butiran tanah liat dari Jepang), kompos pot organik, batu apung, dan kerikil atau pasir halus.

Campuran tanah ini dapat Bunda temukan di sebagian besar toko tanaman atau online dari pengecer khusus bonsai.

3. Air

Tanaman hias juniper bonsai membutuhkan penyiraman secara teratur untuk menjaga tanah tetap lembab, Bunda. Namun, tanaman ini tidak bisa mentolerir adanya genangan air, ya.

Aturan umumnya, Bunda dapat membiarkan tanah mengering sedikit diantara penyiraman. Kemudian hindari membiarkannya benar-benar kering, lalu siram sedalam-dalamnya.

Selain itu, Bunda juga perlu memastikan bonsai memiliki drainase yang memadai untuk mencegah tanah menjadi tergenang air.

4. Suhu dan kelembapan

Pohon juniper bonsai harus Bunda tanam di luar ruangan sepanjang tahun, ya. Hal ini dikarenakan tanaman hias juniper bonsai tidak dapat mentolerir untuk tumbuh di dalam ruangan.

Tanaman ini merupakan pohon yang kuat dan tahan beku yang dapat menahan suhu serendah 10 derajat Farenheit tanpa perlindungan, lho.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, tonton juga tentang tanaman hias yang cocok untuk kualitas udara di rumah:

[Gambas:Video Haibunda]

PUPUK HINGGA HAMA ATAU PENYAKIT UMUM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!