sign up SIGN UP search


moms-life

Cek 7 Kesalahan Dekorasi Ruang Saat Punya Rumah Minimalis Pertama

Arina Yulistara Senin, 02 Aug 2021 03:00 WIB
Bunda perlu memperhatikan saran para desainer interior saat mendekorasi rumah minimalis agar semua tepat pada tempatnya. Hindari kesalahan dekorasi ini ya. caption
Jakarta -

Umumnya ketika baru punya rumah pertama, Bunda akan menggebu-gebu untuk mendekorasi seluruh ruangan di dalamnya. Tanpa sengaja mungkin melakukan kesalahan dekorasi interior yang sebenarnya tidak pada tempatnya. 

Kesalahan mendekorasi ruangan bisa mempengaruhi penampilan rumah minimalis Bunda hingga kenyamanan. Salah satunya mungkin membuat ruangan semakin sempit atau pemilihan furnitur yang kurang tepat.

Untuk itu, Bunda perlu memperhatikan saran para desainer interior saat mendekorasi rumah minimalis, terutama yang baru membeli hunian pertama. Simak penjelasan desainer interior mengenai kesalahan-kesalahan mendekorasi ruangan saat baru punya rumah pertama. 


1. Mengabaikan skala ruang

“Satu kesalahan terbesar yang saya lihat adalah ketika orang tidak memperhatikan skala furnitur dan luas ruangannya. Baru-baru ini melihat ruang tamu besar yang indah tapi furnitur-nya terlalu kecil dan menyisakan banyak ruang di sisi lain ruangannya,” papar desainer interior Cara Woodhouse dari Cara Woodhouse Interiors, dilansir dari Vogue.

Untuk itu, Bunda perlu mempertimbangkan ukuran furnitur dan ruangan sebelum mendekorasi ruang tersebut. Manfaatkan ruang besar dengan ukuran furnitur yang tepat dan fungsional. Perhatikan pula lalu lintas di dalam ruang.

Prinsip yang sama berlaku pada atap rumah. Desainer interior Marguerite Rodgers menyarankan untuk menghiasi atap rumah dengan model lampu yang tepat sesuai luasnya. Apakah itu perlu lampu gantung atau menempel di plafon?

2. Ukuran karpet yang salah

Setiap rumah minimalis pasti dilengkapi dengan karpet sebagai pelengkap sekaligus alas beristirahat di dalam ruang. Banyak orang salah memilih ukuran karpet untuk beberapa ruang dalam rumah minimalis mereka. 

Ukuran karpet yang tidak tepat akan merusak penampilan sebuah ruangan. Terutama jika karpet terlalu kecil sehingga mengganggu penampilan.

Elizabeth Sesser dari perusahaan interior dan arsitektur Ike Kligerman Barkley, mengatakan bahwa perabotan yang besar perlu di letakkan di atas karpet besar. Ukurannya harus melebihi lebar dan panjang furniture sehingga tidak terkesan kekecilan.

“Saat menempatkan karpet kecil di bagian depan furnitur atau hanya setengah di bawah perabotan maka cenderung membuat ruangan terasa lebih kecil dan terlihat memaksa,” paparnya.

3. Aksesori berlebihan

Wajar jika Bunda sangat antusias untuk mendekor rumah minimalis pertama. Namun dekorasi yang berlebihan juga tidak bagus, Bunda. Untuk itu, bijaksanalah saat memilih aksesori yang akan didekorasi dalam suatu ruang.

“Kesalahan terbesar yang sering dilakukan hingga membuat rumah menjadi terlihat berantakan adalah begitu banyak pernak-pernik di dalam sebuah ruangan,” ujar Gillian Segal, pendiri Gillian Segal Design.

Bunda, klik halaman selanjutnya untuk informasi selanjutnya.

Tonton juga tips lainnya tentang rumah minimalis dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

KESALAHAN DEKORASI RUANG: TERLALU BANYAK DOWNLIGHT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!