sign up SIGN UP search


moms-life

WhatsApp Kembangkan Fitur Baru, Lebih Lindungi Privasi Lho Bun

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 04 Aug 2021 17:25 WIB
İstanbul, Turkey - July 14, 2015: Hands holding a iPhone 6 Plus displaying WhatsApp messaging application. iPhone is a touchscreen smart phone produced by Apple Inc. caption
Jakarta -

Perkembangan teknologi sudah semakin canggih, Bunda. Kini, Bunda bisa mengirimkan pesan kepada orang terdekat hanya dengan menggunakan aplikasi chatting yang sudah diunduh di ponsel, lho.

Ada beragam jenis aplikasi chat yang bisa Bunda gunakan, nih. Salah satu aplikasi yang paling terkenal adalah aplikasi WhatsApp.

WhatsApp pertama kali dirilis perdana pada tahun 2009, Bunda. Aplikasi ini merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan Bunda bertukar pesan dengan seseorang tanpa biaya pulsa, karena WhatsApp menggunakan paket data internet.


Tak hanya berkirim pesan, WhatsApp juga memiliki fitur lainnya seperti telpon dan panggilan video. Semakin ke sini, WhatsApp semakin memperbaiki kualitas dan performanya, Bunda. Sekarang Bunda juga bisa melakukan panggilan video bersama beberapa orang teman, lho.

Beberapa waktu lalu WhatsApp kembali menghadirkan fitur terbaru mereka nih, Bunda. Fitur tersebut diberi nama View Once. Konsep yang digunakan WhatsApp ini serupa dengan View Once yang ada di Instagram.

Banner Potret Rumah Tengah Hutan Bule JermanBanner Potret Rumah Tengah Hutan Bule Jerman/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

View Once merupakan fitur yang bertujuan untuk memberikan kontrol besar pada privasi pengguna, nih. Jadi, pengguna hanya bisa melihat foto dan video yang dikirimkan satu kali setelah dibuka.

Tak hanya itu, perusahaan WhatsApp juga mengatakan jika tidak semua konten foto dan video yang dibagikan perlu jadi catatan digital permanen. Sementara, banyak ponsel yang menyimpan foto dan akan menghabiskan ruang.

Itulah mengapa hari ini kami meluncurkan foto dan video View Once baru yang menghilang dari obrolan setelah dibuka, memberi pengguna kontrol besar atas privasi mereka," tulis WhatsApp dikutip Rabu (4/8/2021).

WhatsApp mengatakan bahwa View Once dilindungi oleh end-to-end encryption yang berarti perusahaan tidak bisa melihat isinya. Pesan juga akan ditandai dengan ikon 'one-time', Bunda. Setelah penerima membuka pesan dan melihat isinya, maka pesan akan muncul sebagai 'opened' dan tidak akan membuat bingung pada kolom chat.

Fitur ini akan diluncurkan pada semua pengguna WhatsApp mulai minggu ini, Bunda. Untuk menggunakan fitur ini, Bunda harus memilih gambar atau video yang akan dikirim kemudian lihat sisi bawah kolom teks. Di sebelah kiri tombol kirim terdapat ikon angka 1 dalam lingkaran. Bunda bisa klik ikon tersebut sampai muncul pop-up berbunyi "Photo set to view once". Setelahnya, kirim foto atau video.

Sebelum menggunakan fitur ini, ada beberapa informasi lain yang perlu Bunda ketahui tentang View Once, nih. TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Simak juga video teknologi pelacak Corona berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(mua/mua)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!