sign up SIGN UP search


moms-life

Pasangan RI-Korea Ungkap Harga Apartemen di Negeri Ginseng Bisa Capai Rp50 M

Annisa A Jumat, 13 Aug 2021 22:40 WIB
Prawindu Prima caption
Jakarta -

Tinggal di luar negeri tak seindah yang dibayangkan. Biaya hidup yang sangat besar harus bisa dipenuhi. Seperti yang dialami oleh pasangan beda negara Indonesia-Korea ini.

Prawindu Prima adalah wanita Indonesia yang tinggal di Korea sejak mengikuti program beasiswa internasional Korean Government Scholarship Program (KGSP).

Hijaber cantik itu menikah dengan seorang pria Korea bernama Alexander Kim. Sejak kuliah, Windu sudah terbiasa menjalani kehidupan di Korea yang serba mahal.


Salah satu faktor terberat ketika menetap di Korea adalah biaya tempat tinggal. Bagi warga asing, cukup sulit untuk membeli rumah sendiri karena harganya yang sangat fantastis.

Sewa apartemen dan villa menjadi alternatif bagi para mahasiswa serta pasangan yang baru menikah. Meski begitu, mereka tetap membutuhkan biaya besar untuk menyewa tempat tinggal.

Dalam vlog terbaru Windu dan Alexander di kanal YouTube Light and Bright Channel, mereka membagikan rincian biaya tempat tinggal di Korea Selatan. Sewaktu masih kuliah, mereka menetap di apartemen kawasan Seoul National University.

Banner Kisah Sedih Apriyani

"Uang yang aku bayarkan sekitar 200 ribu won (Rp2,6 juta) untuk di dorm per bulan," kata Alexander.

Alexander menjelaskan, berbeda dengan apartemen di negara barat, apartemen di Korea biasanya diwajibkan untuk membayar uang deposit atau jaminan yang cukup besar. Ia harus membayar deposit sebesar 1 juta won (Rp13 juta) untuk apartemen yang ia tempati sewaktu kuliah.

"Gunanya deposit karena biasanya pemilik apartemen memastikan Anda tidak melarikan diri, tetap memenuhi persyaratan, dan rutin membayar uang sewa," ujarnya.

Biaya apartemen tersebut merupakan harga rata-rata termurah. Untuk keluarga, biasanya apartemen memiliki harga lebih mahal karena dilengkapi dengan kamar tidur lebih dari satu.

"Kalau BK House itu harus bayar deposit juga dan biaya manajemen. Untuk keluarga sekitar 600 ribu won (Rp7,8 juta) dengan ruang tamu, dua kamar tidur, balkon," kata Windu.

Sistem sewa di Korea biasanya terdiri dari dua macam, yaitu secara bulanan (wolse) atau jaminan full (jonse). Setiap apartemen memiliki biaya jaminan yang berbeda-beda, bahkan hingga miliaran.

"Jaminan bisa sampai 60 juta won (sekitar Rp780 juta) sampai 200 (Rp2,6 miliar). Tetapi semakin banyak uang jaminan yang kita berikan, maka semakin murah uang sewanya," sambung Windu.

Bagaimana jika Bunda ingin membeli rumah atau apartemen di Korea? Simak di halaman berikutnya.

Saksikan juga video ide makeover apartemen tanpa furnitur baru.

[Gambas:Video Haibunda]

HARGA BELI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!