sign up SIGN UP search


moms-life

7 Kebiasaan yang Bikin Rumah Selalu Rapi, Sudah Lakukan Belum Bun?

Arina Yulistara Selasa, 31 Aug 2021 10:25 WIB
Design scandinavian home interior of living room.Beige wall. Modern home staging. Template. Japandi. caption

Rumah yang berantakan tentu membuat Bunda dan keluarga menjadi kurang nyaman saat beristirahat di dalamnya. Sementara kekacauan yang sudah terlalu banyak membuat Bunda malas membereskan semuanya.

Sebelum terjadi kekacauan yang besar, coba lakukan kebiasaan ini setiap hari di rumah. Kebiasaan sederhana yang bisa membuat rumah selalu tampak rapi dan bersih sepanjang hari tanpa harus menguras tenaga. 

Apa saja kebiasaan tersebut? Yuk simak tujuh kebiasaan sepele yang bikin rumah selalu rapi sepanjang hari, seperti dilansir dari Bold Sky.


1. Merapikan tempat tidur

Selalu dimulai dengan merapikan tempat tidur setelah bangun pada pagi hari. Merapikan tempat tidur tidak membuang-buang waktu jika sudah menjadi kebiasaan yang Bunda lakukan setiap hari. 

Ini sama pentingnya dengan membersihkan lantai atau menyapu setiap hari. Kamar tidur menjadi tempat bersantai di penghujung hari, jika tampak kotor tentu akan mengurangi kenyamanan Bunda, suami, maupun anak-anak saat beristirahat. 

2. Mencuci baju maksimal 2 hari sekali

Berapa minggu sekali Bunda mencuci baju? Apakah setiap hari atau seminggu sekali? Jangan menunggu cucian menumpuk baru menggilingnya dalam mesin cuci, Bunda,

Selain membuat rumah tampak berantakan dan mengeluarkan bau tak sedap, baju kotor yang ditumpuk juga bisa menjadi sarang kuman serta bakteri. Cuci pakaian maksimal dua hari sekali. 

Ketika rumah dihuni lebih dari dua orang maka Bunda wajib mencuci baju setiap hari. Ini bisa mengurangi penumpukan cucian kotor dan rumah pun selalu tampak bersih sepanjang hari.

3. Pembersihan malam hari

Malam hari mungkin waktunya bersantai. Namun rupanya, Bunda perlu menjadwalkan rutinitas pembersihan malam hari. Biarkan anak-anak membersihkan kamar dan mainan mereka sebelum pergi tidur.

Kemudian Bunda juga bisa membersihkan kekacauan di dapur sebelum beristirahat. Pembersihan malam hari berguna untuk mencegah kekacauan pada esok harinya. 

4. Letakkan alat kebersihan sesuai tempatnya

Letakkan alat kebersihan sesuai tempatnya akan memudahkan Bunda ketika akan melakukan pembersihan. Sebagai contoh, sapu dan pengki untuk ruangan sebaiknya letakkan di dalam rumah bukan teras.

Ini memudahkan Bunda untuk menjangkaunya saat sedang membutuhkan. Tidak hanya itu, Bunda juga tidak akan menunda membereskan kekacauan karena alat kebersihan yang berada di sekitar.

TIPS AGAR RUMAH RAPI SEPANJANG HARI: JANGAN MENUNDA!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!