sign up SIGN UP search


moms-life

7 Tips Merawat Tanaman Perdu Bunga Asoka untuk Percantik Rumah Bunda

Juan Satya   |   Haibunda Sabtu, 04 Sep 2021 04:00 WIB
Bunga asoka merupakan salah satu jenis tanaman hias perdu yang cantik, Bunda. Tertarik ingin memiliki? Simak tips merawatnya di dalam ruangan dulu yuk, Bunda. caption

Jakarta - Bunda pasti sudah tidak asing lagi dengan bunga asoka, ya. Bunga asoka merupakan salah satu jenis tanaman perdu dengan banyak variasi warna bunga, Bunda. Bunga jenis ini kerap ditemui di banyak tempat, salah satunya di permukiman warga.

Meskipun tanaman ini relatif mudah tumbuh di luar ruangan, namun menjaga tanaman ini agar tetap bahagia dan mekar di dalam ruangan bisa menjadi tantangan tersendiri. Baik di dalam maupun di luar ruangan, tanaman ini akan tumbuh dengan lambat, Bunda.

Sebelum memiliki tanaman yang cantik ini, Bunda harus tahu dahulu tentang cara perawatannya. Hal ini dikarenakan bunga asoka adalah tanaman hias yang rewel dan tempramental, Bunda. Sedikit paparan angin dingin atau mengubah lokasi tanaman dapat menyebabkan daunnya rontok, lho.


Oleh karena itu, jika ingin memiliki tanaman ini, Bunda harus berhati-hati dalam merawatnya, ya. Nah, supaya tidak salah dalam merawatnya, simak yuk, tujuh tips merawat tanaman perdu bunga asoka di dalam ruangan yang dilansir dari The Spruce berikut ini:

1. Cahaya

Tanaman bunga asoka menyukai cahaya terang, Bunda. Jadi, Bunda dapat letakkan bunga ini di suatu tempat di mana mereka bisa mendapatkan cahaya sinar matahari setidaknya delapan hingga sepuluh jam dalam sehari.

Nama Bayi Jawa

Meski demikian, Bunda perlu juga untuk menjauhkan tanaman ini dari sinar matahari langsung yang keras, ya. Jika tidak dijauhkan, sinar matahari langsung yang keras dapat mengeringkan dan membakar daunnya, Bunda.

2. Tanah

Bunda dapat menanam bunga asoka pada campuran tanah yang kaya akan bahan organik dan berbasis gambut agar mendapatkan kondisi tanaman yang sehat.

Selain itu, tanaman bunga asoka menyukai tanah dengan tingkat pH sedikit asam, yakni berkisar antara 5,5 hingga 6,5. Tanaman ini akan memiliki warna dedaunan yang tampak kusam bila Bunda menanamnya pada campuran tanah dengan tingkat pH di atas 7,0. Jadi, hati-hati ya, Bunda.

3. Air

Sesuai dengan sifatnya yang tropis, bunga asoka senang dijaga kelembapannya secara konsisten. Bunda dapat menyirami mereka sesering mungkin dengan menyesuaikan keadaan lingkungan di sekitar rumah.

Klik baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang persiapan jika ingin menjual tanaman hias:

[Gambas:Video Haibunda]



SUHU DAN KELEMBAPAN HINGGA HAMA DAN PENYAKIT UMUM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!