sign up SIGN UP search


moms-life

7 Cara Merawat Tanaman Hias Daun Bulat Chinese Money Plant

Juan Satya   |   Haibunda Selasa, 31 Aug 2021 04:00 WIB
Tanaman hias yang satu ini unik karena daunnya berbentuk bulat, Bunda. Sebelum memiliki tanaman ini, simak tujuh tips merawatnya berikut, ya. caption

Pilea peperomioides atau dikenal sebagai Chinese Money Plant memiliki daun bulat unik berbentuk koin yang menarik, Bunda. Karena bentuknya yang unik, tak heran banyak orang yang menyukai tanaman ini. Selain unik, tanaman hias daun bulat ini dipercaya dapat memberikan kelimpahan dan kekayaan bagi pemiliknya.

Nah, tanaman ini tergolong mudah untuk perawatannya lho, Bunda. Meskipun begitu, Bunda harus tetap merawat tanaman ini dengan baik, ya. Tujuannya, agar tanaman hias pilea peperomioides ini dapat tumbuh dengan subur dan baik.

Masalahnya, tanaman ini sering tidak berbunga ketika di tanam di dalam ruangan, Bunda. Namun tenang saja, Bunda masih bisa kok membawa tanaman ini ke dalam ruangan, tapi harus tahu dulu ya tentang perawatannya yang benar.


Kalau Bunda tertarik ingin membawa tanaman hias pilea peperomioides ke rumah, alangkah baiknya simak tujuh tips merawatnya yang dilansir dari laman The Spruce berikut ini:

Banner resep Rp200 ribuBanner resep Rp200 ribu/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

1. Cahaya

Tanaman hias yang satu ini dapat tumbuh dengan subur pada paparan cahaya tidak langsung, Bunda. Untuk itu, Bunda perlu menghindari lokasi yang menerima cahaya langsung yang keras karena akan membakar daunnya.

Tanaman ini dapat beradaptasi dengan kondisi cahaya yang lebih rendah, Bunda. Namun ini akan membuatnya menjadi berkaki panjang, menumbuhkan lebih sedikit cabang, dan daun berbentuk koinnya mungkin menjadi lebih kecil.

Secara keseluruhan, tanaman ini paling sehat dan paling menarik bila Bunda tanam dalam kondisi cahaya yang terang.

Tanaman hias yang satu ini dapat tumbuh di tanah yang subur dan dikeringkan dengan baik. Pilihan yang terbaik untuk tanaman ini adalah campuran tanah pot organik berkualitas tinggi yang berbasis gambut atau sabut.

2. Tanah

Bunda dapat mengubah tanah dengan perlit untuk meningkatkan drainase dan memastikan tanah tidak tergenang oleh air. Nilai pH tanah yang paling terbaik untuk tanaman ini ada di kisaran 6,0 hingga 7,0, Bunda.

3. Air

Tanaman hias daun bulat yang satu ini dianggap memiliki kebutuhan air yang sedang. Jadi, Bunda dapat membiarkan tanaman hampir mengering di antara penyiraman dan kemudian sirami dengan baik. Daun yang mulai terkulai saat mengering menunjukkan indikasi baik bahwa sudah waktunya untuk disiram oleh Bunda.

4. Suhu dan Kelembaban

Secara umum, suhu dan kelembapan yang ada di rumah akan baik-baik saja untuk tanaman ini, Bunda. Jika memungkinkan, Bunda perlu hindari kondisi yang terlalu kering pada rumah, seperti menjauhkan tanaman dari ventilasi pemanas atau alas tiang.

Simak tiga tips lain merawat tanaman hias pilea peperomioides dengan klik baca halaman berikutnya.

PUPUK HINGGA HAMA DAN PENYAKIT UMUM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!