sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Memilih Media Tanam untuk Tanaman Hias Kaktus, Perhatikan Keasamannya

Juan Satya   |   Haibunda Senin, 30 Aug 2021 04:00 WIB
Cactus in interior, window in a bed room, scandinavian style caption

Kaktus merupakan salah satu jenis tanaman hias yang populer di kalangan pengoleksi tanaman, Bunda. Banyaknya variasi warna, serta adanya bunga yang cantik menjadi alasan tersendiri untuk memilih tanaman kaktus.

Perawatan dari tanaman hias kaktus juga terbilang mudah. Meski demikian, Bunda tetap harus merawat tanaman kaktus dengan tepat agar dapat tumbuh subur.

Pemilihan media tanam kaktus yang tepat adalah salah satu kunci perawatan yang bisa Bunda berikan. Ada hal tertentu yang harus diperhatikan dalam memilih media tanam, jika Bunda ingin kaktusnya tumbuh subur dan sehat.


Perlu diketahui, pada umumnya kaktus tidak menyukai tanah yang lembap, Bunda. Selain itu, kandungan pH tanah juga perlu diperhatikan untuk mendukung kelangsungan hidupnya.

Tenang, Bunda enggak perlu bingung memilih media tanam yang tepat untuk tanaman hias kaktus kesayangan Bunda. Simak saja tips yang dilansir dari Cactusway berikut ini.

Sri Mulyani dengan Cucu

1. Bahan organik vs. anorganik

Bunda, bahan organik dapat membantu air untuk menembus tanah dengan cepat, lho. Lumut gambut, serabut kelapa giling, dan kulit kayu giling merupakan beberapa contoh dari bahan organik.

Meski mampu menembus, satu-satunya sisi negatif dari tanah organik adalah memiliki kemungkinan menahan terlalu banyak air di dalamnya.

Bahan anorganik sangat ideal dan membantu menjaga tanah tetap terkuras dengan baik, Bunda. Pasir dan perlit merupakan beberapa contoh dari bahan anorganik.

2. Perhatikan komposisi tanah

Salah satu penyebab utama kaktus tidak berkembang adalah masalah penyiraman yang berlebihan, Bunda. Tanda umum dari penyiraman berlebihan ditunjukkan oleh daun yang mulai berubah warna, akar membusuk, dan dasarnya yang mulai berubah pucat atau hitam.

Komposisi tanah yang ideal untuk tanaman ini harus berkerikil dan berpasir, Bunda. Selain itu, bahan ukuran partikel harus 1/4 inci agar ada aliran udara bebas dan kelembaban mudah dikontrol dengan baik.

Lalu, Bunda juga harus memilih tanah dengan kandungan pH yang tepat, ya. Nah, tanah dengan pH 5,5 atau 6 sangat bagus dan cocok untuk kaktus milik Bunda. Lalu, agar dapat menjaga keseimbangan pH, penggunaan air hujan untuk tanaman kaktus sangat ideal, Bunda.

Terkadang, jika kaktus Bunda tidak tumbuh, bisa jadi dikarenakan tidak adanya keseimbangan pH. Selain itu, bisa juga karena tanah memiliki air yang akan meningkatkan alkalinitasnya. Tanaman mungkin tidak dapat tumbuh dengan baik karena tidak menyerap nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kesehatannya.

Bunda, simak yuk, tiga tips lainnya dalam memilih tanah terbaik untuk kaktus dengan klik baca halaman berikutnya.

Jadikan hobi mengoleksi tanaman hias Bunda sumber penghasilan. Cek di sini yuk caranya:

[Gambas:Video Haibunda]



PERHATIKAN BAHAN TANAH DAN KETAHUI JENIS KAKTUS YANG BUNDA BELI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!