sign up SIGN UP search


moms-life

Mantap! Ternyata Ini Dia 7 Manfaat Memiliki Tanaman Hias di Rumah Bunda

Tim HaiBunda Selasa, 07 Sep 2021 04:00 WIB
Stylish scandinavian living room interior with design sofa, furniture, tropical plants and decoration. Grey wall. Neutral concept. Template. caption
Jakarta -

Meletakkan tanaman hias indoor ternyata selain memiliki fungsi untuk menambah estetika, juga ada beberapa manfaat tambahan lainnya. Manfaat ini berfungsi untuk kesehatan fisik maupun mental si empunya rumah.

Lantas, apa saja sebenarnya manfaat yang bisa didapatkan dengan meletakkan tanaman hias ini di dalam rumah? Berikut adalah ulasan ringkas mengenai apa saja manfaat yang bisa didapat dengan adanya tanaman hias tersebut. Bunda tentu bisa semakin mantap untuk mempertimbangkan menambahkan tanaman hias di rumah.

1. Menambah kecantikan dekorasi alami rumah

Manfaat dari tanaman hias yang pertama adalah jelas untuk membuat dekorasi di dalam rumah semakin indah. Bunda bisa memilih tanaman hias indoor besar seperti kuping gajah, gelombang cinta, pakis sarang burung, puring, dan philodendron. Sudut rumah bisa diisi dengan hiasan semacam ini untuk menambah kesan asri.


Nama Bayi JawaFoto: Mia Kurnia Sari

2. Menyerap polutan udara

Tahukah Bunda bahwa ada beberapa tanaman hias indoor penyerap polutan yang bisa memperbaiki kualitas udara di dalam rumah? Tentu saja ini akan sangat bermanfaat terutama dalam membuat udara menjadi lebih segar di rumah. Ada pun beberapa pilihan tanaman yang bisa dipilih antara lain daun suji, bunga krisan, palem kuning, sirih gading, peace lily, dan sri rejeki.

3. Menjadi aromaterapi alami

Tanaman hias indoor juga bisa menjadi aromaterapi alami. Contoh jenis tanaman ini yaitu bunga lavender. Aroma wanginya bisa cocok untuk membuat suasana lebih tenang.

Tak hanya itu, bunga ini juga bisa mencegah serangga pengganggu seperti nyamuk. Artinya, rumah bisa lebih bersih dan wangi alami dengan tanaman ini.

4. Mencegah pilek dan alergi

Ruangan dengan tanaman hias akan menghasilkan debu dan jamur yang lebih sedikit. Dua hal ini memang termasuk sering menyebabkan terjadinya alergi dan pilek. Manfaat ini tentu bagus untuk kesehatan.

5. Fokus lebih meningkat

Percaya atau tidak, nyatanya adanya tanaman di dalam rumah mampu meningkatkan fokus. Interaksi antara alam dan manusia ini bisa memberikan manfaat yang bagus dalam mengelola konsentrasi.

6. Membantu pemulihan saat sakit

Adanya tanaman juga bisa membantu untuk pemulihan pada saat sakit dengan lebih cepat. Keberadaan tanaman telah membantu banyak orang untuk lebih positif dan tenang sehingga pemulihan pada saat sakit juga meningkat.

7. Menurunkan stres

Tanaman bisa menurunkan stres dengan lebih efektif. Ada efek menenangkan yang didapatkan pada saat memandangi tanaman yang hijau dan sejuk. Ini tentu saja bisa membuat kualitas kesehatan mental juga lebih baik.

Jangan lupa pula, pastikan Bunda juga tahu cara memilih tanaman hias indoor yang tepat sehingga ruangan bisa menjadi lebih asri. Beragam tanaman hias indoor bisa dipilih menyesuaikan dengan kesukaanmu. (PK)

Simak juga video berikut mengenai tanaman hias yang bisa hidup di cahaya redup.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!