sign up SIGN UP search


moms-life

7 Tanaman Hias Indoor yang Bisa Hidup dengan Media Air Dalam Botol

Vauri Audia   |   Haibunda Kamis, 18 Mar 2021 17:15 WIB
selective focus of golden pothos tree in the glass vase for decorate house or cafe. caption

Jakarta - Menanam tanaman hias tak hanya bisa dengan tanah saja, tapi juga air. Kebanyakan tanaman hias indoor sangat mudah tumbuh menggunakan media air lho, Bunda.

Tanaman hias yang tumbuh tanpa tanah membutuhkan lebih sedikit perawatan karena tidak terlalu rentan terhadap hama dan penyakit. Selain itu, Bunda tidak perlu repot untuk menyiram tanaman hias secara teratur.

Menanam tanaman hias indoor menggunakan media air tanpa tanah ini disebut berkebun hidroponik, Bunda. Kebanyakan tanaman hias indoor hidroponik diletakkan di dalam akuarium atau kolam air yang berada dalam ruangan. Bisa juga di dalam vas, botol, atau stoples.


Setelah Bunda mengetahui bagaimana cara menanamnya, sebaiknya Bunda juga perlu mengetahui tanaman hias mana yang dapat tumbuh dengan baik menggunakan media air. Dilansir Leafy Place, berikut aneka tanaman hias indoor yang bisa hidup dengan media air.

Banner Ciri Suami Sayang Istri

1. Sirih gading (Epipremnum aureum)

Mirip dengan philodendron, tanaman hias sirih gading memiliki daun berbentuk hati dengan pertumbuhan merambat. Sebenarnya, ada banyak jenis sirih gading yang terlihat bagus untuk tumbuh di air. Namun, yang paling popular adalah varietas dengan warna kuning keemasan dan hijau.

Untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman hias sirih gading, Bunda cukup memotong batang sepanjang 15 cm tepat di bawah simpul. Lalu, memasukkannya ke dalam botol kaca atau vas berwarna gelap, kemudian diisi dengan air.

Setelah itu, tempatkan tanaman di tempat teduh ya, Bunda, untuk mendorong pertumbuhan tanaman hias yang lebih cepat.

2. Dieffenbachia

Mirip dengan sri rejeki, tanaman hias dieffenbachia memiliki batang yang tebal dengan dedaunan berdaun lebar. Ini membuat tanaman hias dieffenbachia menarik untuk ditanam di vas atau botol air.

Bunda dapat menggunakan benda-benda dekoratif lainnya di wadah kaca untuk mempercantik penampilan tanaman hias dieffenbachia yang tumbuh di air. Untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman hias dieffenbachia, Bunda perlu mengganti airnya setiap beberapa minggu.

3. English Ivy (Hedera helix)

Buat Bunda yang ingin menanam tanaman hias English ivy, harus tahu beberapa fakta mengenai tumbuhan ini. Pada dasarnya, Bunda dapat dengan mudah menanam tanaman hias English ivy di dalam air selama beberapa bulan. Namun setelah itu, Bunda mungkin harus memindahkan tanaman ke media tanah.

Jika Bunda terlanjur menikmati pesona tanaman hias English ivy di akuarium atau kolam air dalam ruangan, sebaiknya ganti dengan stek baru. Selain itu, mengganti air sesering mungkin juga merupakan langkah yang efektif untuk mencegah pertumbuhan alga.

4. Tanaman laba-laba (Chlorophytum comosum)

Meskipun tanaman laba-laba cepat berakar di dalam air, namun ini hanya mampu tumbuh dalam waktu singkat. Batang dan daun yang terendam air bahkan bisa segera membusuk, Bunda. Sebaiknya, Bunda menggunakan media air untuk meletakkan tanaman laba-laba sebelum memindahkannya ke media tanam berbasis tanah.

Untuk jenis tanaman lainnya, baca halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga cara merawat janda bolong, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

TANAMAN HIAS HIDROPONIK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!