sign up SIGN UP search


moms-life

5 Jenis Diet Paling Efektif untuk Turunkan Berat Badan dalam Seminggu

Arina Yulistara   |   Haibunda Jumat, 19 Nov 2021 06:20 WIB
Bunda sedang menjalani diet penurunan berat badan? Berikut lima jenis diet paling efektif yang bisa membantu menurunkan berat badan hanya dalam waktu 1 minggu. caption

Bunda sedang menjalani diet penurunan berat badan? Jika ingin turun berat badan dalam waktu singkat, mungkin bisa mempertimbangkan beberapa jenis diet di bawah ini.

Ada beberapa diet dengan metode yang mirip dan membantu mempercepat penurunan berat badan. Diet paling efektif untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat seperti hanya satu minggu atau satu bulan adalah diet rendah karbohidrat.

Beberapa diet populer menggunakan metode memangkas karbohidrat dan mengonsumsi makanan tinggi lemak untuk menurunkan berat badan. Nilai plusnya, diet rendah karbohidrat bisa mempercepat penurunan berat badan bahkan bisa sampai 4 kg hanya dalam satu minggu. 


Cocok buat Bunda yang mungkin butuh menurunkan berat badan dalam waktu cepat. Namun beberapa ahli tak menyarankan diet dengan memangkas karbohidrat dilakukan dalam jangka waktu panjang karena ada beberapa risiko kesehatan yang mungkin terjadi.

Berikut lima jenis diet paling efektif yang bisa membantu menurunkan berat badan hanya dalam waktu satu minggu. 

1. Diet karbo

Diet rendah karbohidrat atau biasa disebut diet karbo menjadi salah satu solusi menurunkan berat badan secara cepat. Metode diet karbo dengan mengonsumsi karbohidrat kurang dari 26% atau tidak lebih dari 130 gram per hari. 

Carwyn Sharp, Ph.D., dari National Strength and Conditioning Association, mengatakan bahwa mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang sedikit dan dibarengi dengan banyaknya asupan protein bisa membuat berat badan lebih cepat turun.

Banner Rekomendasi 3 Tanaman Hias Indoor

“Konsumsi makanan tinggi lemak, tidak lebih dari 50 gram karbohidrat per hari, dan protein bisa membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan lemak sebagai energi, jadi bisa lebih banyak membakarnya (lemak),” papar Carwyn seperti dilansir dari Women’s Health.

Meski demikian, saat baru mulai diet karbo, Bunda tak disarankan langsung memangkas jumlah karbohidrat secara drastis. Sasha Watkins selaku juru bicara British Dietetic Association, mengatakan bahwa langsung memangkas sekelompok makanan hasilnya tidak pernah baik untuk kesehatan.

Di samping itu, diet karbo juga bisa memberikan efek samping untuk tubuh, bau mulut, sembelit, sakit kepala dan naiknya kolesterol.

2. Diet ketogenic

Diet ketogenic atau diet keto merupakan diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak yang memiliki banyak kesamaan dengan diet karbo. Diet keto melibatkan pengurangan asupan karbohidrat secara drastis dan menggantinya dengan lemak. 

Dilansir dari Healthline, pengurangan karbohidrat akan menempatkan tubuh ke dalam keadaan metabolisme yang disebut ketosis. Ketika hal tersebut terjadi maka tubuh menjadi sangat efisien dalam membakar lemak untuk energi.

Satu dari 13 studi menemukan bahwa diet keto dianggap lebih efektif untuk menurunkan berat badan jangka panjang daripada diet rendah lemak. Orang yang mengikuti diet keto kehilangan rata-rata 0,9 kg lebih banyak dibanding diet rendah lemak. 

Studi lain pada 34 orang dewasa yang lebih tua menemukan bahwa mereka yang mengikuti diet keto selama 8 minggu, kehilangan hampir lima kali lipat total lemak tubuh dibandingkan mereka yang mengikuti diet rendah lemak.

Meski menjadi populer dan efektif menurunkan berat badan, diet keto rupanya mendapat predikat diet terburuk di 2021. Pada awal 2021, US News & World Report mengungkap kalau diet keto dianggap terburuk dibanding 35 diet lainnya. 

Cek juga tips diet dari ahlinya berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



DIET DEBM HINGGA PALEO
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!