sign up SIGN UP search


moms-life

3 Resep Kreasi Olahan Sayur Menyehatkan, Mulai dari Omelet hingga Puding

Mutiara Putri Selasa, 14 Sep 2021 07:06 WIB
Close up of Omelet with Ham and Cheese Ilustrasi Omelet Bayam Keju/Foto: iStock
Jakarta -

Sayur adalah salah satu bahan masakan yang banyak diolah menjadi berbagai macam menu yang sehat dan bergizi, Bunda. Meski begitu, terkadang Si Kecil tak terlalu menyukai sayur karena rasa atau teksturnya.

Agar Si Kecil mau makan sayur, Bunda perlu mengolah masakan berbahan dasar sayur se-kreatif mungkin, nih. Bunda bisa buat inovasi dari tampilannya namun tidak menghilangkan nutrisi dari sayurannya.

Menurut Chef Steby, ada beragam menu yang bisa jadi alternatif dibuat agar Si Kecil jadi suka makan sayur, nih. Misalnya saja omelet bayam, vegetables muffin, dan macaroni schotel.


"Ada banyak (makanan inovasi dari sayuran). Misalnya bisa bikin omelet bayam. Seperti anak saya kan sering pagi-pagi makan omelet bayam," katanya beberapa waktu lalu pada HaiBunda.

"Atau mungkin suka telur dadar misalnya. Kasih juga sayuran. Atau kita misalnya mau bikin vegetables muffin, bisa juga. Bikin macaroni schotel bisa juga. Dalamnya sayur-sayuran ada wortel, bayam, brokoli," sambungnya kemudian.

Banner Rumah TKW Blitar

Tak hanya itu, Bunda. Sayuran juga bisa dibuat menjadi puding yang menyehatkan, lho. Tak hanya sebagai topping atau campuran, namun Chef Steby menjelaskan bahwa puding bisa dibuat langsung dari sari atau kaldu sayuran, Bunda. Kemudian, kaldu akan ditambahkan dengan agar-agar atau gelatin.

"Misalnya bikin yang out of the box, bikin puding sayuran. Dari mana? Dari sari sayuran. Biasanya kita bikin vegetable stock atau kaldu sayuran, lalu ditambahkan dengan agar-agar atau gelatin juga bisa," tutur Chef Steby.

Resep kreasi olahan sayur

Bunda ingin coba membuat menu yang sudah disebutkan oleh Chef Steby sebelumnya? Jangan khawatir ya, Bunda. Berikut ini Bubun bantu rangkumkan resep dan cara membuatnya dari berbagai sumber.

1. Omelet bayam keju

Bahan:

  • 5 butir telur
  • 400 gram bayam, cincang
  • 5 sdm keju parmesan, parut
  • 1/2 sdt bawang putih bubuk
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk

Cara membuat:

  1. Kocok telur lalu tambahkan bayam cincang dan keju parmesan, Bunda. Beri bawang bubuk, pala, garam, dam merica. Aduk sampai merata.
  2. Panaskan mentega dalam wajan, pasang cetakan dengan bentuk sesuai selera di tengah wajan.
  3. Tuang 1/4 bagian kocokan telur ke tengah cetakan.
  4. Masak hingga matang, lalu angkat.
  5. Masak omelet sampai adonan habis.
  6. Sajikan bersama kentang goreng atau kentang pure, Bunda.

Bunda ingin melihat resep yang lainnya? Klik baca halaman berikutnya ya, Bunda!

Bunda, saksikan juga video resep camilan lezat dan sehat ala Chef Steby berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



RESEP KREASI OLAHAN SAYUR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!