sign up SIGN UP search

moms-life

3 Resep Donat Kampung Empuk dan Hemat Bahan, Coba Bikin Yuk Bun

Melly Febrida Kamis, 09 Sep 2021 19:00 WIB
Ilustrasi donat caption
Jakarta -

Bunda yang termasuk sering gagal membuat donat? Sudah berbagai resep donat kampung dicoba, tapi masih saja ada yang kurang.

Jangan bersedih dulu Bunda, semakin sering praktik tentu hasilnya semakin bagus. Resep donat kampung memang banyak variasinya, misalnya saja ada yang tanpa telur dan susu.

Umumnya donat akan lembut dan empuk asalkan saat Bunda menguleni adonan sampai kalis. Bunda juga perlu memperhatikan penggunaan api sedang cenderung kecil saat menggoreng agar donat matang merata dan tidak gosong.


Bunda pun bisa menguleni adonan donat dengan tangan jika tak mempunyai mixer. Penggunaan tepung tinggi protein bisa mempermudah proses pengulenan adonan dengan tangan.

Untuk waktu proofing, sesuaikan dengan kondisi masing-masing Bunda. Karena ragi akan bekerja tergantung suhu ruangan saat membuat donatnya.

Banner tanaman hias pembawa hoki

Tips lainnya, saat menggoreng donat jangan terlalu sering dibolak-balik agar donat tak terlalu berminyak. Lantas, kapan waktu tepat untuk menggoreng donat? Bunda bisa memperhatikan jika adonan sudah mengembang atau terasa ringan saat diangkat, artinya sudah proofing.

Daripada penasaran, Bunda bisa langsung mencoba membuat donat untuk camilan keluarga. Nah, HaiBunda merangkum beberapa resep donat kampung menggunakan bahan yang bervariasi berikut ini:

1. Donat kampung tanpa telur dan susu

Resep donat kampung ini dari akun Youtube Vinastar channel.

Bahan A:

  • 1 sdt ragi instan (3 gram)
  • 2 sdm gula (30 gram) 
  • 125 ml air (sekitar 8 sendok makan takar +1 sendok teh takar)
  • 250 gram tepung terigu protein sedang (25 sendok makan) 

Bahan B:

  • 2 sdm butter (bisa diganti margarin) (35 gram) 
  • 1/4 sdt garam

Cara membuat:

  1. Campur ragi, air, dan gula dalam satu wadah, aduk rata. Lalu tambahkan tepung terigu protein sedang. Uleni sampai setengah kalis.
  2. Tambahkan garam dan butter. Uleni sampai adonan kalis. Setelah kalis bulatkan adonan.
  3. Bagi adonan menjadi delapan atau sesuai selera. Bulatkan masing-masing adonan dan letakkan di atas baking paper yang sudah dipotong-potong kecil. Lakukan hal yang sama dengan adonan lainnya sampai habis.
  4. Diamkan sekitar 30 menit hingga mengembang. Lalu tutup adonan dengan kain atau plastik. Jangan terlalu lama ya Bunda, atau nantinya donat bisa keriput ketika matang. Bolongi tiap adonan donat.
  5. Masukkan minyak yang agak banyak ke wajan, panaskan dengan api sedang cenderung kecil.
  6. Masukkan adonan donat, goreng di satu sisi hingga matang berwarna kuning kecoklatan. Lalu, balik adonan. Goreng lagi sampai berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  7. Berikan topping sesuai selera, cokelat leleh atau gula tepung.

Klik baca halaman berikut yuk, Bunda.

Simak juga video 3 resep ampuh cerahkan kulit berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

RESEP DONAT KAMPUNG ANTIGAGAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!