sign up SIGN UP search


moms-life

4 Manfaat Safron Sebagai Skincare Alami untuk Kulit Bunda, Simak Yuk!

Mutiara Putri Rabu, 15 Sep 2021 06:30 WIB
safron Safron/Foto: istock Crocus sativus
Jakarta -

Ada banyak bahan alami yang digunakan sebagai salah satu kandungan atau bahan skincare, Bunda. Selain memiliki banyak manfaat, bahan alami ini juga bisa mengurangi penggunaan bahan kimia pada kulit.

Salah satu jenis bahan alami yang kini populer dan banyak dijadikan produk skincare adalah safron. Saffron sendiri merupakan bumbu merah yang berasal dari tanaman safron crocus. Saffron akan dibuat menjadi bunga kering, Bunda.

Melansir dari laman Healthline, tanamanĀ safron dipercaya berasal dari Yunani dan kini banyak tumbuh di negara lain termasuk Iran, Spanyol, dan Cina. Secara tradisional, tanaman ini digunakan sebagai pewarna dan bumbu makanan. Safron juga bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit.


Saat ini, safron menjadi salah bahan yang banyak diincar oleh dunia kecantikan agar bisa dijadikan berbagai produk seperti masker, toner, hingga pelembap, Bunda. Banyak orang yang mengklaim bahwa safron bisa meredakan masalah umum kulit termasuk peradangan pada jerawat.

Nyatanya, hal ini belum terbukti secara ilmiah. Sampai saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa safron bisa melawan jerawat, Bunda. Namun, studi di tahun 2016 menemukan bahwa bahan ini memang memiliki sifat antibakteri yang melibatkan bakteri bawaan makanan.

Banner TKW Blitar dapat Hadiah Mewah

Manfaat bahan safron pada produk skincare

Meski tak semua klaim safron terbukti secara ilmiah, nyatanya ada beberapa manfaat yang sudah diakui dengan hasil penelitian, Bunda. Kalau penasaran, berikut ini deretan manfaatnya dilihat dari laman yang sama.

1. Melindungi dari sinar UV

Perlindungan kulit dariĀ sinar matahari atau sinar UV adalah salah satu hal terbaik yang harus dilakukan dalam rutinitas skincare, Bunda. Radiasi UV akan mendorong produksi radikal bebas sehingga menyebabkan sel-sel kulit rusak. Kulit Bunda juga akan terlihat jauh lebih tua.

Senyawa aktif yang terkandung dalam safron mungkin bisa membantu mengatasi hal ini. Sebuah studi laboratorium tahun 2018 menjelaskan bahwa senyawa crocin memiliki antioksidan yang kuat. Antioksidan ini bisa mengurangi stres dan menetralkan radikal bebas.

Selain itu, senyawa crocin juga bisa bekerja untuk melawan sinar UVB yang sama-sama berkontribusi atas penuaan kulit. Safron bahkan bisa melindungi kulit dari sinar UVA yang merupakan penyebab penuaan dini.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Saksikan juga video manfaat vitamin C pada skincare berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



LAWAN PERADANGAN HINGGA KURANGI HIPERPIGMENTASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!