sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Skincare untuk Bantu Atasi Pori-pori Besar, Jangan Lupa Sunscreen Bun

Mutiara Putri Minggu, 12 Sep 2021 06:30 WIB
Beauty concept of young asian woman. caption
Jakarta -

Selain bertujuan untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan jerawat membandel pada wajah, penggunaan skincare juga bisa bertujuan untuk mengecilkan pori-pori, Bunda. Pori-pori yang besar tentu saja bisa langsung terlihat dengan mata telanjang.

Melansir dari laman Dermcollective, pori-pori besar bisa terjadi karena faktor genetik. Namun, tak menutup kemungkinan jika pori-pori membesar karena adanya sekresi sebum dan penurunan elastisitas kulit.

Selain faktor genetik, sekresi sebum, dan penurunan elastisitas kulit, ada pula faktor umum yang kerap menjadi penyebab pori-pori membesar, lho. Misalnya saja jerawat kronis, hormon, kerusakan kulit akibat sinar matahari, merokok, dan juga kekurangan vitamin A.


Ada berbagai macam perawatan dermatologis yang bisa digunakan untuk mengatasi pori-pori besar, Bunda. Misalnya saja laser dan juga berbagai produk skincare yang diresepkan oleh dokter kulit.

Banner Bule Perancis Nangis Biaya Karantina di Jakarta

Tips skincare untuk atasi pori-pori besar

Selain melakukan berbagai macam perawatan kulit di klinik kecantikan, beberapa dokter kulit juga membagikan berbagai tips skincare yang bisa Bunda coba untuk kecilkan pori-pori, nih. Berikut ini deretannya dilihat dari laman American Academy of Dermatology.

1. Bersihkan wajah dua kali sehari

Pori-pori yang tersumbat atau kulit berminyak bisa membuat pori-pori jadi tampak lebih besar, Bunda. Karena itu, pembersihan dua kali sehari bisa membuka pori-pori dan mencegahnya tersumbat.

Agar pembersihan dilakukan lebih efektif, lebih baik Bunda gunakan air hangat dan membilas wajah dengan lembut. Selain itu, Pastikan juga menggunakan sabun yang lembut sehingga tidak akan mengiritasi kulit serta menyumbat pori-pori.

2. Gunakan retinol

Kalau Bunda punya kulit yang berminyak, berjerawat, atau kulit tampak kendur, bisa jadi inilah alasan mengapa pori-pori Bunda terlihat lebih besar. Karena itu, banyak dokter kulit menyarankan agar Bunda menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung retinol.

Beberapa orang mungkin akan merasakan iritasi saat mengaplikasikan produk retinol, Bunda. Untuk mencegahnya, Bunda bisa cuci muka terlebih dahulu dan tunggu selama 30 menit sebelum mengaplikasikan retinol.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Saksikan juga video bahan skincare yang mampu cegah penuaan pada kulit berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



OBATI JERAWAT HINGGA LAKUKAN EKSFFOLIASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!