sign up SIGN UP search


moms-life

5 Kegiatan untuk Tingkatkan Daya Ingat, Anti Pikun Bun

Annisa A Selasa, 14 Sep 2021 21:25 WIB
ilustrasi wanita berpikir Ilustrasi Daya Ingat / Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Daya ingat dan konsentrasi merupakan kemampuan otak yang sangat penting. Namun seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan itu dapat menurun dan menyebabkan sering lupa atau pikun.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pikun berarti kelainan tingkah laku sering lupa yang biasa terjadi pada orang berusia lanjut. Namun ternyata, enggak cuma lansia saja yang bisa mengalami pikun.

Kondisi mudah lupa turut dipengaruhi oleh faktor genetik dan faktor gaya hidup. Selain itu, beberapa penelitian mengatakan bahwa faktor lingkungan juga dapat mempengaruhi daya ingat seseorang. Jadi tak hanya usia saja yang bisa membuat seseorang jadi cepat pikun, Bunda.


Daya ingat dan konsentrasi sangat erat kaitannya dengan fungsi otak. Menjaga kesehatan otak dengan memenuhi asupan nutrisi dapat mencegah Bunda menjadi lebih cepat pikun meski masih muda.

Banner TKW Blitar dapat Hadiah Mewah

Daya ingat yang optimal akan lebih terjaga dengan otak sehat. Tak hanya itu, Bunda juga dapat mencegah kebiasaan sering lupa degan mengasah kemampuan otak.

Bunda, berikut ini 5 macam kegiatan untuk meningkatkan daya ingat otak:

1. Menjaga pola makan

Makanan menjadi asupan nutrisi penting untuk otak. Pastikan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan nilai gizi yang baik, Bunda. Hal itu dilakukan agar otak dapat bekerja secara optimal.

Untuk meningkatkan daya ingat, hindari konsumsi gula yang berlebih. Terutama dari minuman kemasan yang sangat manis. Hindari juga alkohol karena dapat memberi pengaruh buruk terhadap fungsi kognitif otak.

Salah satu komponen penting untuk otak adalah asam lemak omega-3 seperti asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Selain mengonsumsi ikan, Bunda juga bisa mendapat asupan dari suplemen minyak ikan.

Selain itu, jangan lupa perbanyak konsumsi sayuran hijau dan buah-buahan. Tak hanya menjaga fungsi otak, keduanya juga dapat memperkuat imunitas tubuh.

Enggak cuma menjaga asupan makanan nih. Kesehatan otak juga harus dijaga lewat gaya hidup sehat. Pola hidup yang buruk akan membuat konsumsi makanan sehat menjadi sia-sia, Bunda.

Selain mengonsumsi makanan sehat, apa saja kegiatan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya ingat otak? TERUSKAN MEMBACA KLIKĀ DI SINI.

Simak juga video 6 manfaat penting mengonsumsi kacang-kacangan.

[Gambas:Video Haibunda]

(anm/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!