moms-life

Cerita Letda Ajeng Tresna Jadi Pilot Pesawat Tempur Wanita Pertama di Indonesia

Annisa Afani   |   HaiBunda

Jumat, 17 Sep 2021 14:50 WIB

Ajeng akui, pencapaian yang ia genggam saat ini tentunya diiringi dengan banyak reaksi, Bunda. Ia paham bahwa ada banyak orang yang pro dan kontra dengan dirinya.

"Pro dan kontra pasti ada, apalagi namanya baru pertama kali (sebagaiĀ pilot pesawat tempur perempuan) pasti lah ada orang yang mendukung, ada orang yang sudah meng-underestimate duluan kayak 'Ini yakin bisa?', tuturnya.

Akan tetapi, hal tersebut justru tak ingin ia bawa serius. Katanya, omongan-omongan negatif seperti itu tak seharusnya diambil hati, karena itu justru akan membuat kita menjadi 'down'.


"Tapi itu tergantung kita bagaimana, kalau kita selalu mendengar omongan dari luar yang membuat kita jatuh ya buat apa. Pokoknya tutup mata tutup telinga saja kalau ada yang merendahkan, yang penting kan niatnya sudah baik," terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, wanita kelahiran 25 September 1995 itu juga berbicara soal emansipasi wanita. Sebagai sosok yang berhasil membuktikan bahwa dirinya bisa menjadi apa yang orang lain ragukan, Ajeng ungkap bahwa itu menjadi bukti perjuangan RA Kartini.

"Itu sih stigma lama, ya. Toh kita sebagai wanita, RA Kartini juga sudah payah mengemansipasi wanita agar setara, jadi tugas kita sekarang adalah membuktikan dan melanjutkan itu semua," tuturnya.

Simak kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT