sign up SIGN UP search


moms-life

5 Ritual Skincare Harian untuk Area Mata yang Bisa Bunda Lakukan di Rumah

Mutiara Putri   |   Haibunda Senin, 04 Oct 2021 06:30 WIB
Ilustrasi wanita pakai skincare atau perawatan kulit caption
Jakarta -

Perawatan kulit tak hanya mencakup wajah, Bunda. Namun keseluruhan kulit yang ada di tubuh termasuk mata. Agar mata jadi jauh lebih sehat, Bunda butuh rutinitas skincare mata, nih.

Area bawah mata adalah salah satu bagian yang bisa menunjukkan tanda kalau Bunda sedang mengalami stres dan penuaan. Jadi, sangat penting untuk merawatnya dengan baik, Bunda.

Melansir dari laman Woman and Home, seorang finalis ajang Contact Lens Practitioner of the Year 2020, Bhavin Shah, mengungkapkan bahwa mata bengkak bisa jadi karena kulit dehidrasi. Tak hanya itu, ia juga mengatakan untuk menggunakan obat tetes mata agar mata tetap lembap.


"Minum banyak air; kemerahan dan bengkak sering disebabkan oleh kekeringan," katanya.

"Menggunakan obat tetes untuk kekeringan seperti menggunakan pelembab untuk mata bagus untuk membuatnya merasa lebih baik," sambungnya.

Cara Bersihkan Kipas Angin

Masalah yang timbul pada mata dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, Bunda. Selain karena kulit mata memiliki lapisan yang lebih tipis dan halus, faktor genetik dan sinar matahari juga bisa jadi penyebabnya.

Ritual skincare harian untuk mata

Agar mata Bunda terlihat jauh lebih sehat dari sebelumnya, ada beberapa tips dan ritual skincare yang bisa Bunda coba, nih. Berikut ini deretannya melansir dari laman Healthline.

1. Melembapkan

Melembapkan kulit adalah salah satu langkah perawatan yang tak bisa diremehkan, Bunda. Saat Bunda menambahkan air ke dalam kulit, kulit bisa menguangi tanda-tanda penuaan seperti munculnya garis-garis halus dan kerutan, lho.

Bunda juga bisa mengaplikasikan pelembap di area mata, nih. Hanya saja, penggunaannya perlu kehati-hatian agar mata tak iritasi, ya.

Perlu diingat, mata Bunda memiliki kulit yang tipis. Karena itu, bisa saja pelembap yang Bunda pakai justru memberikan reaksi berlebihan pada mata.

Kalau Bunda merasakan sensasi perih, mata berair, atau merah, hindari penggunaan pelembap wajah yang biasa dan ganti dengan krim mata. Krim mata tentu diformulasi dengan bahan yang tidak akan berefek buruk pada mata.

2. Periksa bahan

Kalau Bunda memutuskan untuk membeli krim mata, pastikan terlebih dahulu kandungan yang terdapat pada produk sesuai dengan masalah mata yang tengah Bunda hadapi. Untuk masalah garis-garis halus, Bunda bisa gunakan krim mata dengan kandungan retinol, vitamin A, hingga peptida.

Sementara itu, untuk menghilangkan lingkaran hitam, Bunda bisa gunakan krim mata dengan kandungan vitamin C, kojic acid, hingga niacinamide.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, lihat juga video basic skincare untuk wajah sehat dan terawat berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



ERSIKAP LEMBUT HINGGA PIJATAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!