sign up SIGN UP search


moms-life

5 Cara Atasi Kipas Angin yang Tak Beputar, Cukup Bersihkan dari Debu

Annisa Afani Selasa, 12 Oct 2021 05:20 WIB
Kipas Angin Kipas angin/Foto: Getty Images/iStockphoto/DragonImages
Jakarta -

Selain Air Conditioner atau AC, kipas angin menjadi salah satu alternatif yang bisa Bunda pilih untuk menyejukkan suhu ruangan. Menggunakan kipas angin juga banyak manfaatnya, mulai dari harganya yang lebih ekonomis, tidak boros listrik, serta lebih ramah lingkungan.

Namun perlu untuk Bunda pahami, kipas angin juga sama seperti alat elektronik lainnya. Ini juga bisa alami beberapa kendala, misalnya kerusakan.

Bisanya, kerusakan ini terjadi karena barang yang kurang terawat. Untuk merawat kipas angin sendiri, perawatan yang perlu diperhatikan yakni membersihkannya secara rutin.


Apabila Bunda menemukan masalah kipas angin hingga tidak berputar, tak selalu berarti mesinnya yang rusak, ya. Namun, bisa saja ini disebabkan oleh debu dan kotoran.

Baim Wong Adzankan Anak KeduaBaim Wong Adzankan Anak Kedua/ Foto: Mia Kurnia Sari

Sebelum memutuskan untuk membeli yang baru atau mereparasinya, simak 5 langkah membersihkan kipas angin tidak berputar yang dikutip dari beberapa sumber berikut ini.

1. Dengarkan mesin kipas

Cobalah nyalakan kipas dan dengarkan mesin kipasnya ya, Bunda. Jika tidak ada suara mesin, bisa jadi mesin kipasnya telah aus. Apabila Bunda bisa mendengar suara mesinnya, maka matikan kipas dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Bongkar kipas

Saat membongkar kipas angin, pastikan kipas tidak terhubung dengan listrik. Lepaskan bagian depan kipas yang berfungsi sebagai sangkar. Cungkil sangkar dengan kuku atau obeng yang sesuai dan tarik bagian depan kipas agar Bunda dapat mengakses baling-balingnya.

Apabila terdapat sekrup yang dilepas dari baling, jangan lupa simpan semua sekrup di satu wadah yang aman ya, Bunda.

3. Bersihkan debu

Bunda harus membersihkan debu yang terdapat di baling-baling terlebih dahulu. Jika sudah, lihat di mana baling-baling kipas terhubung ke bantalan dan motor. Bunda dipastikan bisa langsung melihat bagian motor kipas sehingga tak perlu membongkarnya lagi.

Baling-baling kipas biasanya mengumpulkan banyak debu dan puing-puing yang kemudian mengendap di bagian belakang. Bukan hal yang aneh jika bantalan yang menyalakan unit bilah kipas menjadi sangat tersumbat oleh debu dan serpihan lain sehingga tidak dapat berputar.

Jika memang terlihat ada debu, segera bersihkan dengan cara menjangkaunya menggunakan jari atau dengan bantuan lap. Ketika sudah bersih, pasang kipas dan nyalakan sebentar untuk melihat apakah bilah kipas akan bergerak.

Jika kipas kembali menyala, matikan kipas dan cabut dan pasang kembali bagian depan sangkar kipas. Jika kipas tetap tidak mau menyala, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Tips keempat ada di halaman selanjutnya, Bunda. Jangan lupa diklik, ya!

Bunda, tonton juga lima aktivitas bersih-bersih yang bisa bakar kalori dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

BERSIHKAN KIPAS ANGIN YANG TAK BERPUTAR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!