sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Menaman Pohon Mangga, Tanaman Buah Ini Butuh Cahaya Penuh Bun

Mutiara Putri Rabu, 13 Oct 2021 04:00 WIB
fresh mango on tree in the orchard Tanaman Buah Mangga/Foto: Getty Images/iStockphoto/anankkml
Jakarta -

Terkadang seseorang malas memakan buah karena harus membelinya terlebih dahulu, Bunda. Agar tak malas, bagaimana kalau Bunda menanamĀ tanaman buah di rumah?

Beberapa orang percaya kalau memanem buah dari kebun sendiri rasanya akan jauh lebih nikmat, lho. Enggak hanya itu, Bunda juga tak perlu mengeluarkan uang demi mendapatkan buah yang segar.

Ada banyak jenis tanaman buah yang bisa Bunda coba tanam di rumah, nih. Salah satunya yang paling banyak peminatnya adalah buah mangga.


Meskipun terkadang sangat sulit untuk tumbuh, buah mangga bisa menjadi tanaman paling efektif yang bisa Bunda tanam baik di pot maupun tanah.

Dalam kondisi yang tepat, pohon mangga bisa tumbuh dengan lebat dan subur, Bunda. Daunnya yang hijau lonjong bisa menumbuhkan bunga putih di bulan-bulan tertentu,

Baim Wong Adzankan Anak Kedua

Sebelum mencoba menanam pohon mangga, Bunda perlu tahu terlebih dahulu kapan waktu yang tepat untuk menanamnya, nih. Melansir dari laman The Spruce, mangga sebaiknya ditanam di saat cuaca masih dalam keadaan sejuk.

Cara menanam tanaman buah mangga

Ada beberapa cara dan tips yang bisa Bunda coba untuk saat memutuskan untuk menanam tanaman buah mangga, nih. Masih dari laman yang sama, berikut ini tips-tipsnya.

1. Cahaya

Pohon mangga membutuhkan sinar matahari yang penuh, Bunda. Itu artinya, tanaman ini butuh setidaknya delapan jam terkena paparan sinar matahari setiap harinya.

Produksi bunga dan buah pada pohon mangga akan terganggu kalau mereka tak mendapatkan cahaya yang cukup. Kalau Bunda menanam mangga pada sebuah pot yang diletakkan di dalam ruangan, posisikan tanaman mangga pada jendela yang sekiranya dapat dimasuki paparan sinar matahari penuh.

2. Tanah

Pohon mangga bisa mentolerir berbagai jenis tanah yang menjadi tempatnya tumbuh, Bunda. Meski begitu, tanah yang lempung berpasir dan dikeringkan dengan baik adalah yang terbaik.

Pastikan juga Bunda menggunakan tanah dengan keasaman yang sesuai dengan apa yang tanaman mangga butuhkan. Mereka suka tanah dengan pH dari sedikit asam hingga basa.

Kalau Bunda menanamnya di dalam pot, pastikan tanah selalu gembur dan memiliki sistem drainase yang biak, ya.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat tips yang lainnya, yuk!

Bunda, lihat juga video tanaman hias yang dianggap pembawa sial berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



AIR HINGGA PUPUK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!