sign up SIGN UP search


menyusui

7 Manfaat Mangga Bagi Ibu Menyusui, Salah Satunya Cegah Anemia

Annisa Karnesyia Rabu, 08 Sep 2021 19:05 WIB
buah mangga caption
Jakarta -

Buah mangga bisa jadi pilihan makanan dan camilan bernutrisi untuk Bunda menyusui nih. Manfaat mangga bagi ibu menyusui telah dikenal bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan lho.

Mangga adalah salah satu jenis buah tropikal yang banyak ditemukan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Buah ini dikenal dengan sebutan 'king of fruits' atau raja dari buah-buahan.

Buah mangga cocok dijadikan camilan atau dibuat jus. Selain itu, buah ini juga bisa dibuat milkshake atau dicampur dengan buah-buahan lain.


Nutrisi buah mangga

Mangga dikenal sebagai salah satu buah yang mengandung banyak vitamin dan mineral nih. Dalam potongan buah mangga sekitar 165 gram, mengandung hampir 70 persen vitamin C sesuai kebutuhan harian.

Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin A, E, B5, dan K. Sedangkan, kandungan mineral yang bermanfaat untuk tubuh di buah ini adalah folat, zat besi, magnesium kalsium, dan kalium.

"Mangga adalah buah yang rendah kalori, namun tinggi nutrisi, terutama vitamin C yang bisa menjaga imunitas tubuh serta membantu penyerapan zat besi," kata ahli nutrisi lulusan University of Auckland, Ryan Raman, MS, RD, dilansir Healthline.

Manfaat mangga untuk ibu menyusui

Mangga adalah salah satu buah yang bisa dikonsumsi selama menyusui. Kandungan vitamin B, kalsium, dan zat besi di buah ini dibutuhkan untuk menjaga kesehatan Bunda selama menyusui buah hati.

Bunda bisa memilih mangga yang matang dan manis untuk dimakan sebagai camilan ya. Sebab, manfaat mangga bagi ibu menyusui terletak pada rasa manis yang bisa memberikan energi dan membantu penyembuhan luka postpartum atau usai melahirkan.

Nah, buah bernama Latin Mangifera indica ini memang telah dikenal memiliki segudang manfaat. Melansir dari berbagai sumber, berikut tujuh manfaat mangga bagi ibu menyusui:

1. Menangkal radikal bebas

Selama menyusui, Bunda tetap harus menjaga penampilan untuk mencegah penuaan ya. Salah satu caranya adalah menangkal radikal bebas dengan makan mangga.

Buah mangga mengandung polifenol, yakin senyawa yang memiliki fungsi seperti antioksidan. Kandungan polifenol ini bisa melindungi sel dari bahaya radikal bebas, penyebab penuaan.

"Mangga mengandung banyak polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas. Banyak penelitian menghubungkan radikal bebas dengan tanda penuaan dan penyakit kronis," ujar Raman.

2. Menjaga sistem saluran cerna

Mangga merupakan salah satu buah yang mengandung serat tinggi yang baik untuk sistem pencernaan. Bagi Bunda menyusui yang mengalami konstipasi atau sembelit, buah ini cocok untuk dimakan sebagai camilan.

Selain itu, buah mangga juga mengandung enzim amilase yang mampu memecah molekul makanan, sehingga mudah diserap tubuh. Kandungan air di buah ini juga baik untuk kesehatan saluran cerna lho.

"Amilase memecah karbohidrat kompleks menjadi glukosa dan maltosa. Enzim ini banyak ditemukan di buah mangga yang matang dan manis," kata Raman.

"Mangga juga mengandung air dan serat yang bisa mengatasi masalah pencernaan, seperti konstipasi dan diare."

Ibu menyusuiIlustrasi ibu menyusui/ Foto: iStock

3. Mencegah anemia

Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia pada Bunda menyusui. Anemia bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan mengandung zat besi. Pada kondisi serius, anemia dapat membuat Bunda kehilangan tenaga mengasuh anak.

"Manfaat zat besi sering dilupakan sampai akhirnya seseorang tidak mendapatkan cukup zat besi. Anemia defisiensi zat besi dapat menyebabkan kelelahan, jantung berdebar, kulit pucat, dan sesak napas," kata ahli nutrisi dan diet, Megan Ware, RDN, L.D, mengutip Medical News Today.

Selain konsumsi suplementasi, Bunda bisa konsumsi makanan mengandung zat besi seperti mangga. Konsumsi satu buah mangga bisa meningkatkan sel darah merah yang membantu melawan anemia.

4. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Perubahan kulit dan rambut menjadi kusam bisa dialami Bunda selama kehamilan. Terkadang, perubahan ini akan bertahan sampai Bunda menyusui buah hati.

Konsumsi mangga bisa membantu menjaga kesehatan rambut karena mengandung vitamin A. Vitamin A diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Selain vitamin A, ada pula vitamin C yang bisa memelihara kolagen di kulit dan rambut. Vitamin C juga dapat memperbaiki struktur rambut yang rusak.

5. Menjaga daya tahan tubuh

Nah, manfaat mangga yang lain adalah bisa menjaga daya tahan tubuh selama menyusui. Mangga merupakan sumber nutrisi yang diperlukan tubuh untuk imun booster.

Kandungan vitamin A bisa membantu tubuh melawan infeksi. Kekurangan vitamin ini telah lama dikaitkan dengan sistem imun yang menurun dan rentan terkena infeksi, Bunda.

Selain itu, ada kandungan vitamin C di buah mangga yang sudah diuji bisa meningkatkan imunitas tubuh. Manfaat mangga yang satu ini memang istimewa dibandingkan buah lainnya.

Vitamin C dapat membantu tubuh memproduksi sel darah putih yang mampu melindungi tubuh dari sakit. Mangga juga mengandung asam folat, vitamin K, E, dan beberapa vitamin B yang dipercaya bisa meningkatkan imunitas.

6. Menjaga kesehatan mata

Mangga mengandung beta karoten yang bisa memproduksi vitamin A. Vitamin ini bukan cuma bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut, tapi juga untuk mata.

Selain itu, kandungan antioksidan di mangga bisa menajamkan kemampuan penglihatan lho, Bunda. antioksidan ini juga dapat mencegah kerusakan mata akibat penuaan.

7. Menurunkan berat badan

Menyusui eksklusif memang bisa menurunkan berat badan secara alami usai melahirkan. Namun, diet alami ini tak akan lengkap tanpa asupan makanan bernutrisi, seperti buah mangga. Manfaat buah mangga bagi ibu menyusui yakni bisa menurunkan berat badan.

Mangga mengandung fitokimia yang bisa menghilangkan lemak secara alami. Kandungan serat di buah ini juga bisa menimbulkan rasa kenyang. Biasanya, saat makan buah berserat tinggi, Bunda bisa merasa kenyang untuk waktu lebih lama.

Simak juga tips memerah ASI bagi Bunda pekerja, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!