sign up SIGN UP search


moms-life

3 Alasan Wanita RI Betah Tinggal di Negara Paling Bahagia, Ini Itu Serba Gratis

Asri Ediyati Rabu, 13 Oct 2021 10:20 WIB
PENGANGGURAN DAPAT TUNJANGAN
Chimy dan Suami Bule Finlandia caption

Tak hanya fasilitas gratis, warga Finlandia juga mendapat berbagai keringanan seperti sekolah gratis, layanan kesehatan gratis, hingga tunjangan pengangguran. Iya, Bunda enggak salah baca, pengangguran bisa dapat tunjangan.

Chimy mengatakan, masyarakat Finlandia yang tidak bekerja akan tetap mendapatkan uang bulanan sekitar Rp10 - Rp15 juta per bulan, Bunda. Meski begitu, pengangguran tetap harus berusaha untuk mencari pekerjaan.

"Mereka tetap harus aktif melamar kerja atau mengikuti semacam training dari pemerintah. Uang segitu mungkin terdengar besar, namun sebenarnya sangat pas-pasan. Makanya orang Finlandia justru malu kalau mereka mengajukan tunjangan pengangguran," kata Chimy.


Tujuan pemerintah memberikan tunjangan pengangguran adalah agar mereka yang belum bekerja bisa tetap memenuhi kebutuhan hidup sambil mengasah keterampilan kerja. Para pengangguran dilatih sedemikian rupa agar siap bekerja suatu hari nanti.

"Seperti kemarin aku ikut kursus dari pemerintah, lalu aku bisa bekerja. Gaji yang beneran jauh lebih banyak daripada tunjangan pengangguran," ujarnya.

Berbagai hal yang bisa dinikmati oleh masyarakat Finlandia secara gratis tidak datang tanpa alasan. Pemerintah Finlandia dikenal sebagai salah satu yang paling jujur di dunia. Chimy mengatakan bahwa angka korupsi di negara tersebut sangat kecil, Bunda.

"Di sini angka korupsinya juga kecil. Meskipun sebesar apapun pajaknya, akan dikembalikan lagi ke masyarakat. Jadi kalau untuk tunjangan seperti ini, masyarakatnya ikhlas. Kita percaya bahwa pajaknya digunakan dengan benar," tutur Chimy.

Selain pemerintah yang jujur, masyarakat Finlandia juga punya karakter yang bikin siapa saja betah tinggal di sana. Klik ke halaman berikutnya untuk tahu cerita Chimy selama di Finlandia.

ADANYA KESETARAAN GENDER
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!