sign up SIGN UP search


moms-life

Cerita Wanita RI Ikhlas Dilabeli Madam & Babu Usai Dinikahi Bule Finlandia, Kenapa?

Annisa A Senin, 11 Oct 2021 19:25 WIB
Chimy dan Suami Bule Finlandia caption
Jakarta -

Tinggal di luar negeri tak hanya membuat orang harus beradaptasi dengan perubahan. Mereka yang berstatus sebagai istri bule juga harus dihadapkan dengan label Madam dan 'Babu', Bunda.

Hal itu diungkapkan oleh Chimy, seorang istri bule yang tinggal di Finlandia. Chimy sudah lama menetap di negara yang disebut-sebut sebagai tempat paling bahagia di dunia. Ia telah hidup selama 8 tahun di Finlandia sebagai istri bule.

Selama menjalani kehidupan sebagai istri bule, Chimy dihadapkan dengan status yang kerap melekat pada orang-orang sepertinya. Label Madam dan 'Babu' seringkali dilontarkan oleh orang-orang di sekitar Chimy.


Babu yang dimaksud adalah status istri bule yang mengerjakan pekerjaan rumah tangga mereka seorang diri tanpa dibantu orang lain. Sedangkan Madam berarti bahwa mereka dibantu oleh asisten rumah tangga (ART).

"Kebanyakan istri bule kalau tinggal di luar negeri kan harus mengerjakan semua urusan rumah tangga sendiri, berbeda dengan label Madam, ada yang membantu segala urusan rumah mereka," kata Chimy, dikutip dari kanal YouTube Chimy in Finland.

Banner Wanita RI jadi Buruh di SwediaBanner Wanita RI jadi Buruh di Swedia/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Pada awal pernikahan Chimy dan suami, mereka sempat menjalani kehidupan sebagai ekspatriat. Pasangan beda negara itu pindah dari Finlandia ke Vietnam karena suami Chimy ditugaskan untuk bekerja di sana.

Hidup sebagai pekerja asing yang tinggal sementara di Vietnam otomatis menjadikan keluarga Chimy 'naik status'. Chimy langsung diberi label dengan julukan Madam.

Sebagai ekspatriat, Chimy dan suaminya mendapatkan berbagai fasilitas. Termasuk rumah yang luas beserta supir, ART, dan pengasuh anak.

"Begitu tinggal di Vietnam otomatis saya berlabel Madam karena kita punya teman yang bantu-bantu kita. Mereka juga panggil kita Madam," cerita Chimy.

Chimy menjelaskan, mendapat julukan Madam bukan berarti hidup mewah seperti sultan. Label Madam sebenarnya didapat dari panggilan para asisten rumah tangga kepada majikan mereka.

"Teman-teman yang bekerja dengan kita itu biasa memanggil kita Madam. Bukan berarti kita hidup mewah. Ini seperti kalau di Indonesia kan dipanggilnya Bu atau Mbak. Label itu sebenarnya karena kebiasaan saja," tuturnya.

Sempat jadi Madam sebelum kembali menjadi 'Babu', apa perbedaanya menurut Chimy? Baca di halaman berikutnya, Bunda.

Saksikan juga video kisah wanita RI yang dinikahi pria China dan diajak tinggal di rumah tua.

[Gambas:Video Haibunda]

BEDA MADAM DAN BABU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!