sign up SIGN UP search


moms-life

10 Manfaat Orgasme yang Bunda Perlu Tahu, Bikin Awet Muda & Redakan Nyeri

Kinan Kamis, 14 Oct 2021 21:45 WIB
Beautiful loving couple kissing in bed. beautiful young couple lying together on the bed. Romantic young couple in love lying on bed. Beautiful couple smiling in bed. caption
Jakarta -

Saat orgasme, tubuh melepaskan hormon oksitosin dalam jumlah lebih banyak. Keberadaan hormon ini membantu membuat tubuh merasa rileks dan bahkan 'melawan' kortisol yang merupakan hormon stres.

Maka dari itu, saat berhubungan seks tercapainya orgasme kerap dianggap penting. Walaupun mungkin untuk mendapatkannya sering kali terasa sulit ya, Bunda.

Oksitosin berperan dalam berbagai fungsi fisiologis dan patologis tubuh. Dikutip dari studi dalam Indian Journal of Endocrinology and Metabolism, keberadaan hormon oksitosin sangat penting bagi tubuh.


Nah, apa saja manfaat orgasme bagi kesehatan wanita? Berikut ulasannya seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Orgasme meningkatkan sirkulasi darah

Terlalu sering duduk saat beraktivitas dapat menyebabkan ketidakseimbangan otot dan penurunan sirkulasi darah di area panggul. Jika Bunda juga mengalaminya, rutin orgasme bisa memberikan pengaruh positif, lho.

Orgasme meningkatkan sirkulasi dasar panggul, sehingga aliran nutrisi dan hormon pun menjadi lebih lancar. 

Banner Pekerjaan Paling Dicari di Jerman

2. Membuat kulit tampak lebih sehat

Seperti disebutkan sebelumnya, orgasme melepaskan hormon oksitosin yang kemudian mengurangi kortisol. Secara berlebihan, kortisol dapat meningkatkan produksi minyak (sebum) penyumbat pori-pori.

Keberadaan kortisol dalam jumlah tinggi juga menyebabkan peradangan dan membuat kulit mudah berjerawat.

3. Memperbaiki siklus menstruasi menjadi lebih teratur

Dikutip dari Insider, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychoneuroendocrinology menyebutkan orgasme teratur dapat membantu mengatur siklus menstruasi.

"Mekanisme yang tepat masih belum diketahui, tetapi diduga kuat ini dipengaruhi oleh ritme sirkadian," ungkap penulis 'PCOS SOS: A Gynecologist's Lifeline To Naturally Restore Your Rhythms, Hormones and Happiness', Dr Felice Gersh, MD.

4. Mengurangi nyeri

Dilansir Huffington Post, ada beberapa bukti ilmiah bahwa orgasme dapat meredakan nyeri. Termasuk nyeri akibat radang sendi dan rasa sakit setelah operasi. 

Manfaat orgasme ini didapat dari pelepasan oksitosin dan endorfin yang mampu menghilangkan rasa sakit.

5. Orgasme meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain itu, orgasme juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. "Orgasme menurunkan stres dan meningkatkan kualitas tidur. Kombinasi kedua hal ini bersama-sama dapat membantu meningkatkan imun dan menurunkan tingkat peradangan," imbuh Gersh.

Simak manfaat orgasme lainnya di halaman berikut yuk, Bunda!

Simak juga video 4 kelebihan melakukan hubungan seks saat hamil berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MANFAAT ORGASME BAGI KESEHATAN: BIKIN TIDUR LEBIH NYENYAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!