sign up SIGN UP search


moms-life

7 Jenis Bunga Bougenville yang Cocok Jadi Hiasan di Pekarangan Rumah

Tim HaiBunda Jumat, 15 Oct 2021 04:00 WIB
Bunga bougenville bermekaran di jalur hijau DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut mem-posting momen tersebut. Ilustrasi bunga bougenville/Foto: ANDHIKA PRASETIA
Jakarta -

Bunda mana yang tidak tahu bunga bougenville? Bunga yang juga dikenal dengan nama bunga kertas ini dapat ditemukan hampir pada setiap rumah di Indonesia, terutama pedesaan. Ternyata tanaman ini banyak jenisnya sehingga cocok untuk menghiasi halaman rumah.

Jenis bunga bougenville ternyata tidak hanya satu, Bun. Diketahui paling tidak ada tujuh jenis bunga bougenville dengan masing-masing karakteristiknya yang unik. Sudahkah semuanya Bunda ketahui?Jika belum, simak yuk Bun tujuh jenis bunga bougenville yang bisa Bunda tanam di pekarangan rumah.


Jenis-jenis bunga bougenville

Bougenville Afterglow

Bougenville Afterglow merupakan jenis yang paling disukai karena waktu berseminya berulang kali sepanjang tahun. Jadi, warnanya yang indah dapat menghiasi halaman rumah Bunda sehingga tampak lebih indah. Kelopak yang biasanya berwarna jingga, merah, merah muda, dan coral ini bisa juga dijadikan tanaman rambat di dinding.


Bougenville California Gold

Jenis yang satu ini memiliki warna kelopak kuning keemasan. Tanaman bougenville yang satu ini memiliki kebiasaan menggugurkan bunganya dalam waktu singkat setelah bermekaran. Bougenville California Gold termasuk jenis bunga kertas yang paling disukai karena kemegahan warnanya.

Bougenville Gold Rush

Meskipun sama-sama berwarna kuning, jenis yang satu ini memiliki warna kuning lebih cerah. Bunda bisa menanamnya di pekarangan rumah untuk menambahkan kesan ceria. Bunga ini akan bermekaran dengan indah pada akhir musim semi sampai pertengahan Maret hingga Juni. Tumbuhan ini dapat merambat pada benda apa saja di sekitarnya.

Bougenville Bambino Baby Allison

Bagi pecinta warna pink, mungkin jenis bunga Bougenville yang satu ini dapat menjadi pilihan. Tanaman hias ini memiliki kelopak dengan warna pink lembut dan indah. Bunda bisa menggunakannya untuk melengkapi dekorasi rumah agar terkesan lebih hidup.

Bougenville Bambino Baby Lauren

Warna keunguan Bambino Baby Lauren ini terkesan lebih lembut. Bunga ini bermekaran pada akhir musim semi sampai akhir musim gugur. Meskipun begitu, tanaman hias ini termasuk jenis yang toleran terhadap kekeringan. Jadi sesuai ditanam pada daerah dengan zona iklim mediterania dan tropis seperti Indonesia.

Bunda bisa menanam bougenville di pot gantung, maupun pot biasanya. Setelah proses pembibitan, Bunda bisa menunggu selama 12 minggu untuk melihat bunga keunguan ini mekar. Pekarangan rumah yang dihiasi Bougenville akan tampak lebih hidup.

Bougenville Baby Victoria

Jenis bunga bougenville selanjutnya yakni Baby Victoria. Bunganya bermekaran sepanjang tahun dengan warna magenta keunguan. Warna tersebut memberikan kesan elegan pada pekarangan rumah Bunda. Daunnya yang bercorak kuning kehijauan menjadi sebuah pembeda dengan bougenville lainnya. Bunda bisa menempatkan tanaman ini pada pekarangan rumah sebagai tanaman hias yang indah.

Bougenville Cherry Blossom

Jenis Cherry Blossom sekilas serupa dengan warna Sakura di Jepang. Saat bunganya bermekaran, Bunda seperti melihat Sakura dengan warna pink serta aksen putihnya.

Bougenville ini merupakan jenis bunga dengan warna paling lembut sehingga tidak membosankan. Bunda dapat melihat jenis Bougenville yang satu ini bermekaran sepanjang tahun.

Itulah beberapa jenis bunga bougenville yang dapat Bunda jadikan tanaman hias di pekarangan rumah. Tinggal Bunda pilih saja yang warnanya cocok untuk di rumah. Sesuaikan juga dengan waktu bermekarannya ya, Bun. Selamat memilih, Bunda! (PK)

Simak juga video berikut mengenai tanaman hias yang katanya membawa hoki.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!