sign up SIGN UP search

moms-life

7 Tips Merawat Tanaman Hias Bunga Bougenville, Cahaya Menentukan Warna Lho

Juan Satya Rabu, 11 Aug 2021 04:00 WIB
Bougainvillea caption

Bunda pasti sudah tidak asing lagi mendengar tanaman hias bunga bougenville, ya. Tanaman hias yang satu ini cukup terkenal di Indonesia, lho. Tanaman yang disebut juga sebagai bunga kertas ini, awalnya berasal dari negara Amerika Selatan yang kemudian menyebar hingga ke Indonesia.

Tanaman bougenville memiliki beragam warna yang sangat menarik, seperti kuning, pink, hingga merah. Nah, keindahan yang ada pada tanaman bougenville ini asalnya dari seludang (daun pelindung bunga) yang berwarna cerah, Bunda. 

Selain cantik, banyak orang yang percaya bahwa tamanan hias bunga bougenville dapat membawa keberuntungan kepada pemiliknya, Bunda. Tidak hanya itu, tanaman ini juga dipercaya dapat mengurangi polusi udara. Menarik sekali bukan bunga yang satu ini, Bunda?


Jika Bunda tertarik untuk memilikinya, alangkah lebih baik Bunda harus memahami dulu tentang cara perawatannya. Hal ini bertujuan agar Bunda bisa merawat tanaman ini dengan baik.

Perawatannya juga terbilang tidak terlalu susah, Bunda. Lebih jelasnya, Bunda dapat membaca tujuh cara mudah merawat tanaman hias bougenville yang dirangkum dari The Spruce berikut ini:

1. Cahaya

Tanaman hias bunga bougenville termasuk tanaman pecinta matahari, Bunda. Jadi, tanaman ini sangat membutuhkan paparan sinar matahari penuh secara harian agar bisa berkembang. Makanya, bunga ini banyak ditemukan di Indonesia.

Jika Bunda tidak memiliki ruang yang cukup di luar, Bunda dapat meletakkan tanaman ini di dalam rumah. Bunda dapat meletakannya di dekat jendela besar yang mampu menangkap sinar matahari cerah dengan baik.

Selain itu, Bunda perlu mempertimbangkan untuk memutar tanaman Bunda di seluruh rumah seiring berjalannya hari untuk mendapatkan cukup cahaya. Namun, mungkin bunganya tidak akan bermekaran sebanyak jika diletakkan di luar.

Saturasi warna yang ada pada bougenville ternyata sangat berkaitan dengan banyak sinar matahari yang didapat, Bunda. Hal ini berarti lebih banyak cahaya sama dengan warna yang lebih cerah pada bunga.

2. Tanah

Tanaman bougenville tumbuh subur dalam campuran pot yang lembap, Bunda. Meskipun lembap, tanah ini dapat dikeringkan dengan baik dan terdapat sedikit asam.

Saat memilih campuran pot, Bunda perlu memperhatikan pH tanah yang dibutuhkan, ya. Adapun ph tanah yang dibutuhkan oleh tanaman ini antara tingkat 5,5 dan 6,0. Bunda juga dapat menutupi campuran pot dengan kompos untuk memastikan tanah yang kaya dan bergizi.

Tanaman ini memerlukan pot yang sesuai untuk kelangsungan hidupnya, Bunda. Selain itu, Bunda harus memilih pot yang setidaknya memiliki satu lubang drainase di dasarnya, ya. Hal ini bertujuan untuk menurunkan risiko pembusukan pada akar.

3. Air

Selain memperhatikan cahaya dan tanah, Bunda juga perlu menjaga kebutuhan air pada tanaman, ya. Bunda dapat menyirami tanaman bougenville hingga jenuh, lalu biarkan sekitar satu inci pertama tanah mengering sebelum disiram kembali.

Nah, Bunda perlu mengingat, ya, bahwa terlalu banyak air pada tanaman dapat menyebabkan pertumbuhan yang terlalu hijau, lho. Hal ini dapat mengakibatkan akar pada tanaman bougenville jadi membusuk.

Selain itu, jangan memberikan air yang sedikit pada tanaman hias ini. Terlalu sedikit air yang diterima akan membuat tanaman ini layu, Bunda. Jadi, pastikan kebutuhan airnya tercukupi, ya.

Bunda, masih ada empat cara lainnya dalam merawat tanaman hias bougenville. Klik baca halaman berikutnya untuk mengetahui, ya.

SUHU DAN KELEMBAPAN HINGGA HAMA DAN PENYAKIT UMUM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!