sign up SIGN UP search


moms-life

Kartu ATM Jenis Lama Mulai Diblokir, Segera Ganti Bun

Annisa A   |   Haibunda Senin, 18 Oct 2021 11:23 WIB
Ilustrasi wanita menggunakan kartu ATM atau kartu kredit caption
Jakarta -

Bunda yang masih memakai kartu ATM lama sebaiknya segera berganti ke kartu ATM chip. Sebab, jenis kartu ATM lama sudah tidak bisa dipakai untuk melakukan transaksi.

Kebijakan ini tertuang dalam pengumuman yang dikeluarkan pada 30 Desember 2015, yaitu Surat Edaran Bank Indonesia No.17/52/DKSP perihal implementasi standar nasional teknologi chip dan penggunaan PIN online 6 digit untuk kartu ATM dan kartu debet yang diterbitkan di Indonesia.

Beleid tersebut menyebutkan bahwa seluruh kartu ATM jenis lama harus diganti menjadi kartu ATM chip. Pergantian kartu ini harus dilakukan hingga paling lambat 31 Desember 2021, Bunda.


Setelah itu, setiap kartu ATM yang baru diterbitkan per 1 Januari 2022 juga akan menggunakan jenis kartu ATM chip. Aturan baru ini telah ditanggapi oleh Bank Mandiri dan BRI, yang telah menyelesaikan program migrasi mereka.

Banner 14 Resep Masakan Serba Murah

Itu artinya, Bunda yang menjadi nasabah kedua bank tersebut sudah tidak bisa bertransaksi lagi dengan memakai kartu ATM jenis lama. Sementara itu, beberapa bank lainnya masih memberikan tenggat waktu hingga akhir tahun.

Bank BCA memberi waktu kepada nasabah untuk mengganti kartu ATM mereka hingga 1 Desember 2021. Sedangkan Bank BNI memberi waktu hingga 30 November 2021, Bunda.

Apa sih, yang membedakan kartu ATM jenis lama dengan yang baru?

Pada kartu debit ATM, biasanya terdapat magnetic stripes atau garis hitam memanjang di belakang kartu. Garis hitam ini merupakan bagian yang terdeteksi setiap kali digesek. Apabila garis hitam ini rusak, makan kartu tidak akan bisa terdeteksi.

Nah, kartu debit chip yang akan digunakan untuk transaksi pada 1 Januari 2022 mendatang memiliki ciri khas khusus. Terdapat chip berbentuk kotak kecil warna emas pada bagian depan kartu.

Aturan baru mengenai pergantian kartu ATM ini dibuat demi keamanan pengguna. Pasalnya, kartu debit ATM lama lebih rentan terkena kasus kejahatan siber, salah satunya Skimming.

"Skimming adalah pencurian kartu kredit atau kartu debit dengan menyalin informasi secara ilegal pada strip magnetis dari kartu kredit atau debit," tulis BSSN dalam akun media sosial resminya.

Selain itu, kartu ATM jenis chip menawarkan lebih banyak keuntungan dibanding kartu ATM jenis lama lho. Apa saja ya? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Saksikan juga video cara cek pesan WhatsApp tanpa aktifkan fitur centang biru.

[Gambas:Video Haibunda]

(anm/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!