sign up SIGN UP search

moms-life

3 Cara Mengganti Kartu ATM BCA Non-chip, Wajib Diganti Sebelum 1 Desember Bun

Asri Ediyati   |   Haibunda Selasa, 19 Oct 2021 10:35 WIB
Closeup image of a woman holding and choosing credit card to use caption
Jakarta -

Kabar terbaru bagi Bunda yang merupakan nasabah PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Bunda harus segera menukarkan kartu debit atau kartu ATM berbasis pita magnetik menjadi kartu debit dengan chip. Khusus untuk kartu ATM BCA berbasis pita magnetik tidak berlaku lagi mulai 1 Desember 2021, lho.

"Yuk segera ganti ke Kartu Debit Chip. Sebab, sesuai arahan Bank Indonesia, efektif 1 Desember 2021, Kartu Debit BCA Non Chip tidak akan bisa digunakan untuk bertransaksi," dikutip dari situs resmi BCA.

Kartu debit non-chip ini meliputi Kartu ATM BCA dan Paspor BCA lama yang menggunakan teknologi magnetic strip atau pita magnetik. Di laman resminya, BCA juga menegaskan bahwa penggantian kartu debit non-chip ke kartu debit chip ini terbilang wajib.


Hal ini disebabkan Kartu Debit BCA yang sudah berbasis chip bisa mendukung kenyamanan dan kemudahan transaksi. BCA pun menyertakan 3 alasan kenapa harus ganti ke kartu debit chip, Bunda. Berikut alasannya:

Banyak benefitnya

Dengan beralih ke Kartu Debit BCA berteknologi chip, misalnya ke Kartu Debit Chip BCA Mastercard, maka Bunda tidak hanya bisa melakukan transaksi di ATM dan mesin EDC. Di samping itu, Bunda juga bisa melakukan transaksi debit online, dengan cara mengaktifkan fiturnya lewat BCA mobile.

Bunda dan Ayah juga bisa bayar belanja online, berlangganan streaming musik/film, sampai beli voucher game di berbagai platform yang menyediakan pembayaran dengan Mastercard.

Mendukung kebijakan Bank Indonesia

Selain itu, sejak 2015 Bank Indonesia sudah mencanangkan implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan penggunaan 6 Digit PIN untuk kartu ATM /Kartu Debit yang diterbitkan di Indonesia.

Banner 14 Resep Masakan Serba MurahBanner 14 Resep Masakan Serba Murah/ Foto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari

Mengurangi risiko kejahatan kartu

Untuk Bunda ketahui, Kartu Debit Non Chip yang menggunakan tekonologi magnetic strip secara teknologi lebih mudah di-copy. Oleh sebab itu, risiko pencurian data lewat magnetic strip pada kartu atau skimming lebih besar. Sementara, Kartu Debit Chip yang secara teknologi lebih maju dan aman.

Lantas, bagaimana cari mengganti kartu ATM lama dengan yang berbasis chip di BCA?
BCA menyediakan cara mudah ganti kartu debit non-chip ke kartu debit chip. Terdapat tiga cara yang disediakan BCA untuk kenyamanan nasabahnya.

(1) Datang ke kantor cabang BCA terdekat

Jika Bunda ingin ikuti cara konvensional, penggantian ke Kartu Debit Non Chip ke Kartu Debit Chip dapat dilakukan di seluruh kantor cabang BCA di seluruh Indonesia.

Bagaimana dengan dua cara lainnya? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

(aci/fia)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!