sign up SIGN UP search


moms-life

10 Penyebab Tak Ada Hubungan Seks dalam Pernikahan Alias Sexless Marriage

Kinan   |   Haibunda Jumat, 29 Oct 2021 21:45 WIB
Quarrelling Young Couple in the Bed, Young People Lying Turned Away From Each other and Lay on Their Sides Holding Grudges and Being Offended caption
Jakarta -

Sexless marriage adalah kondisi di mana tidak ada atau hanya sedikit aktivitas seks dalam ikatan pernikahan. Dalam jangka panjang, situasi ini kerap memicu masalah keharmonisan.

Jika masing-masing setuju dengan jenis hubungan ini, maka seharusnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun sering kali, salah satu pihak merasa stres atau bahkan terluka secara psikis karena hilangnya keintiman fisik.

Peneliti Denise A. Donnelly dalam studinya menyebutkan 15 persen pasangan menikah memiliki frekuensi seks yang sangat jarang. Mereka tidak berhubungan seks dalam jangka waktu 6-12 bulan terakhir.


Apabila tidak segera dibicarakan secara terbuka, situasi sexless marriage dapat berujung pada pertengkaran dan bahkan perpisahan.

Penyebab terjadinya situasi pernikahan tanpa seks

Ada banyak kemungkinan alasan mengapa sebuah pernikahan bisa terjadi tanpa atau sedikit hubungan seks. Mulai dari masalah kesehatan, hingga faktor gaya hidup. 

Apabila Bunda mengalami situasi ini, segera lakukan konsultasi dengan tenaga profesional. Jika perlu, libatkan konselor pernikahan dan seks.

Banner Cara Atasi WC mampet

Terapi yang tepat mungkin bisa memberikan pengaruh terhadap frekuensi seks atau keintiman dalam ikatan pernikahan. Dilansir Very Well Health, berikut ini faktor-faktor penyebab sexless marriage paling umum:

1. Masalah kesehatan

Kesehatan fisik dan mental seseorang secara keseluruhan dapat berdampak besar pada libido dan keinginan untuk hubungan seks. Hal ini juga dapat mengganggu proses fisiologis gairah seks, baik pada suami maupun istri.

2. Ketidakcocokan tingkat libido

Tidak semua orang menginginkan jumlah frekuensi seks yang sama. Selain itu, dorongan seks memiliki naik-turun yang wajar terjadi seiring waktu.

Ketika ada keinginan untuk berhubungan seks yang tidak sesuai dengan pasangan, maka kondisi sexless marriage lebih berisiko mudah terjadi.

3. Kehidupan baru menjadi orang tua

Wanita biasanya disarankan oleh dokter untuk tidak berhubungan seks setidaknya selama 6-8 pekan setelah melahirkan. Setelah fase ini selesai, adaptasi menjadi orang tua baru dapat membuat gairah seks makin menurun.

Termasuk karena stres dalam merawat bayi, perubahan bentuk tubuh, kelelahan, dan faktor hormonal, yang juga dapat memengaruhi libido istri pasca-persalinan.

Simak ulasan lebih lengkap di halaman selanjutnya.

Simak juga video empat kelebihan melakukan hubungan seks saat hamil:

[Gambas:Video Haibunda]

PENYEBAB LAINNYA MULAI DARI STRE HINGGA EFEK SAMPING OBAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!