moms-life

6 Cara Membersihkan Dapur dengan Cepat dan Efektif yang Sering Terlewatkan

Ummu Kultsum Roihaanah   |   HaiBunda

Jumat, 12 Nov 2021 15:05 WIB

Jakarta -

Dapur merupakan salah satu bagian ruangan yang juga termasuk penting di dalam rumah. Sebab, dapur menjadi tempat untuk Bunda memasak dan menyiapkan berbagai hidangan lezat bagi keluarga.

Memiliki fungsi sebagai tempat memasak itulah yang sering kali membuat dapur menjadi mudah kotor ya, Bunda. Oleh sebab itu, penting untuk dapat menjadi kebersihan dapur setelah digunakan.

Dapur yang bersih tidak hanya mampu membuat suasana rumah terasa nyaman, tetapi juga dapat memberikan hidangan yang terbuat secara higienis bagi Bunda dan keluarga. 

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Nah, untuk dapat membantu Bunda dalam membersihkan dapur dengan baik, berikut HaiBunda rangkum cara mudah dan cepat untuk membersihkan dapur, melansir dari berbagai sumber.

1. Buang kotoran ke tempat sampah

Setelah selesai memasak, tentu akan ada berbagai bekas kotoran dan sampah yang masih hinggap, Bunda. Tidak hanya itu, piring kotor yang berada di dapur juga masih memiliki sisa-sisa makanan dan belum terbuang.

Banner Tips Merawat Tanaman Hias Indoor

Oleh karena itu, langkah pertama yang harus Bunda lakukan adalah membuang seluruh kotoran yang terlihat di dapur ke dalam tempat sampah. Dan ingat, jangan biarkan ada kotoran yang tersisa Bunda. 

2. Mencuci piring

Setelah selesai membuang seluruh kotoran yang terdapat di dapur, langkah selanjutnya yang bisa Bunda lakukan yaitu mencuci seluruh piring kotor. 

Salah satu bagian yang cukup memakan banyak waktu dalam membersihkan dapur, yaitu mencuci piring. Sebab, piring kotor sering kali didiamkan terlalu lama dan menumpuk. 

Maka dari itu, penting untuk segera mencuci piring setelah selesai digunakan, Bunda. Dengan begitu, tidak akan ada lagi piring dan peralatan kotor lainnya yang akan menumpuk.

Sebelum mencuci piring, Bunda bisa merendam piring kotor tersebut dengan air panas dan sedikit sabun cuci piring. Langkah tersebut dapat membantu merontokkan kotoran yang yang masih tersisa di atas piring dengan cepat.

Setelah seluruh piring sudah dicuci dengan bersih dan mengering, jangan lupa untuk segera memasukannya ke dalam lemari ya Bunda. 

3. Membersihkan wastafel dapur

Ketika seluruh piring sudah tercuci dengan bersih, dan dibiarkan mengering terlebih dahulu. Langkah selanjutnya dalam pembersihan dapur yang bisa Bunda lakukan yaitu membersihkan wastafel dapur

Untuk dapat membersihkan wastafel dapur dengan cepat, Bunda bisa menggunakan spons basah dan soda kue. Sebab, sode kue mampu menghilangkan noda dengan cepat tanpa menggores permukaan wastafel.

Setelah seluruh noda di wastafel sudah dibersihkan, Bunda bisa menggunakan botol semprot berisi cuka untuk membilas wastafel. Cuka berguna sebagai disinfektan yang mampu membersihkan kotoran hingga mendalam. Kemudian, bilas dengan air dan wastafel dapur Bunda akan bersinar seperti baru.

Baca tips lainnya di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video 5 bahan ampuh bersihkan panci gosong hingga mengkilap lagi:

[Gambas:Video Haibunda]

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT