sign up SIGN UP search


moms-life

6 Cara Merawat Tanaman yang Terletak di Dalam Ruangan, Jangan Salah ya Bun

Bella Barliana   |   Haibunda Selasa, 02 Nov 2021 04:00 WIB
Perawatan tanaman indoor yang tepat dibutuhkan agar tanaman tumbuh dengan sempurna. Simak caranya di sini, Bunda. caption

Tahukah, Bunda? Memiliki tanaman indoor di rumah akan memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan Bunda dan keluarga, lho.

Tidak hanya menyegarkan udara, tanaman indoor yang dirawat dengan tepat dapat menghilangkan racun berbahaya bagi kesehatan keluarga di rumah. Tanaman indoor juga mampu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas, mengurangi stres, serta meningkatkan suasana hati.

Setelah mengetahui manfaat yang diberikan dari tanaman indoor, tentu Bunda ingin tahu cara merawatnya agar tanaman di dalam rumah tetap sehat. Meskipun setiap jenis tanaman memiliki kebutuhan berbeda, tetapi pada dasarnya semua tanaman memiliki kebutuhan dasar yang sama.


Dilansir dari Better Homes and Gardens, berikut adalah cara merawat tanaman indoor di dalam rumah. Simak selengkapnya di sini, yuk.  

1. Lakukan penyiraman sesuai kebutuhan

Semua jenis tanaman memiliki persyaratan penyiraman yang berbeda. Cara terbaik adalah mengetahui proses pertumbuhan tanaman dan lakukan penyiraman sesuai kebutuhan.

Secara umum, tanaman yang tumbuh di tanah yang dikeringkan dengan baik dalam wadah harus disiram ketika satu hingga dua sentimeter bagian atas tanahnya terasa kering.

Sedangkan, jenis tanaman kaktus dan sukulen biasanya membutuhkan lebih sedikit air, dan tanaman berbunga biasanya membutuhkan air yang lebih banyak.

Ketika melakukan penyiraman, Bunda perlu memastikan bahwa tanaman tidak mengalami overwatering atau kondisi air berlebih. Penyiraman yang berlebih menjadi penyebab paling umum kematian tanaman hias.

2. Berikan pupuk secara berkala

Sama halnya dengan penyiraman, setiap jenis tanaman memiliki kebutuhan pupuk yang berbeda dan Bunda harus mengetahuinya sebelum memutuskan untuk memiliki tanaman indoor. Pemberian pupuk biasanya bergantung pada pertumbuhan dan usia tanaman.

Sebagian besar tanaman hias mengalami pertumbuhan pesat di musim panas, jadi ini adalah waktu terbaik untuk memupuknya. Selama cuaca dingin, kebanyakan tanaman hias tidak membutuhkan banyak pupuk.

Seperti penyiraman yang berlebihan, penting untuk menghindari pemupukan berlebihan pada tanaman indoor. Terlalu banyak pupuk dapat membakar akar dan menghambat pertumbuhan tanaman.

Jika Bunda memiliki tanaman indoor berbunga, Bunda bisa menggunakan pupuk yang mengandung nitrogen, fosfor, dan kalium dalam jumlah yang relatif seimbang. Jika kandungan nitrogen terlalu tinggi, tanaman dapat menghasilkan banyak daun, tetapi sedikit bunga.

3. Bersihkan debu dari tanaman

Selain memperhatikan penyiraman dan pemupukan, penting juga bagi Bunda untuk memperhatikan debu yang menempel pada tanaman, terutama bagian daun. Hampir semua tanaman indoor terlihat lebih baik dengan pembersihan rutin.

Debu biasanya menempel pada daun. Untuk mengatasi hal ini, cucilah dengan air suhu kamar atau bersihkan dengan sikat lembut jika tanaman memiliki daun berbulu. Untuk tanaman dengan daun halus, Bunda bisa menggunakan kain untuk menyeka debu di daun dengan lembut.

Ketika dibersihkan dengan rutin, tanaman indoor akan terlihat lebih cantik berkilau dan membantu menyerap lebih banyak cahaya untuk pertumbuhannya.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

PEMANGKASAN DIPERLUKAN UNTUK MENGHINDARI PENYEBARAN PENYAKIT PADA TANAMAN INDOOR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!