sign up SIGN UP search


moms-life

Sejarah Mi Instan, Berawal dari Pengusaha Bangkit dari Bangkrut Usai PD II

Asri Ediyati   |   Haibunda Senin, 22 Nov 2021 20:16 WIB
PENEMUAN MI INSTAN CUP & MI INSTAN LUAR ANGKASA
Instant noodle and spicy seasoning in white bowl with chopstick caption

Tak hanya menemukan mi instan berbentuk balok, Mamofuku Ando juga menemukan produk mi instan lainnya. Di 1971, dalam perjalanannya ke Amerika, Momofuku Ando mengamati manajer supermarket memecah mi Chicken Ramen, memasukkannya ke dalam cangkir.

Manajer itu kemudian menuangkan air panas, dan kemudian memakannya dengan garpu. Dari situlah tercetus penemuan baru, Bunda.

Ando menyadari bahwa mengubah konsepsi tentang bagaimana kita makan adalah kunci untuk membuat ramen instan menjadi makanan global. Mengutip laman resmi Cupnoodles Museum, dengan menyatukan segala macam kebijaksanaan dan ide inovatifnya mengubah ramen instan 'buatan Jepang' menjadi makanan global.


Selain mi instan cup, Mamofuku Ando juga menemukan produk brilian lainnya yaitu mi instan luar angkasa di 2005. Itu merupakan mimpinya sejak lama, Bunda.

Seiring dengan penerapan berbagai teknik untuk makan di lingkungan tanpa bobot, mi luar angkasa atau Space Ramen didasarkan pada metode pengeringan instan minyak panas yang ditemukan Momofuku pada tahun 1958.

Ando berhasil mengirim mi instan kemasan vakum ke luar angkasa bersama astronot Jepang Soichi Noguchi di atas pesawat ulang-alik Discovery AS.

Kasura Suzuki, salah satu perwakilan dari Nissin, mengatakan bahwa Mamofuku Ando menemukan mi luar angkasa itu di usia yang tak lagi muda. Ando menemukannya di usia 95, Bunda.

"Dia ingin melampaui atmosfer dan membawa penemuannya ke luar angkasa," ungkapnya, dilansir BBC.

Kesuksesan Ando dirikan Nissin juga bertahap lantaran mi instan saat itu menjadi barang mahal. Baca cerita singkatnya di halaman berikut.

MI INSTAN PERNAH JADI BARANG MAHAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!