sign up SIGN UP search


moms-life

Sejarah Mi Instan, Berawal dari Pengusaha Bangkit dari Bangkrut Usai PD II

Asri Ediyati   |   Haibunda Senin, 22 Nov 2021 20:16 WIB
MI INSTAN PERNAH JADI BARANG MAHAL
a bowl of noodles caption

Pada awalnya, mi instan produk Nissin yang didirikan mahal dan dianggap sebagai barang mewah. Namun, penjualan berhasil meroket setelah Mitsubishi Corp membantu mempromosikan produk pada tahun 1959 sebagai bagian dari upaya untuk membuat Jepang kembali berdiri selama periode industrialisasi pasca perang.

Mengutip Vox, Ando mendirikan Asosiasi Industri Makanan Instan pada tahun 1964 untuk membantu mempromosikan industri mi instan dan menetapkan pedoman untuk kualitas dan persaingan yang sehat. Produknya yang paling sukses, Cup Noodles, pada tahun 1971, saat itulah popularitas mi ramen instan meledak di luar negeri.

Karena volume produksi meningkat, harga terus turun. Pada tahun 2004, porsi tahunan yang terjual di seluruh dunia mencapai 70 miliar, dan mi instan Ando terjual dengan harga yang sebanding dengan mangkuk mi termurah yang tersedia di restoran di Jepang.


Ando membuka banyak operasi di luar negeri, termasuk yang pertama di California pada tahun 1970 dan memperluas penawaran produk untuk memasukkan berbagai macam rasa. Pada tahun 1999, ia membuka Museum Ramen Instan Momofuku Ando di Ikeda, Osaka, Jepang.

Dia tetap menjadi ketua Nissin Foods sampai tahun 2005. Dia meninggal pada tahun 2007 pada usia 96 tahun. Pada tahun 2009, perusahaan membentuk aliansi modal dengan Mareven Food Holdings Limited, sebuah perusahaan induk mi instan Rusia, dan mereka mengubah nama perusahaan menjadi Nissin Foods Holdings Co., Ltd.

Momofuku Ando dihormati oleh pemerintah Jepang dengan beberapa medali termasuk The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star, Second Class, pada tahun 2002.

(aci/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!