sign up SIGN UP search


moms-life

4 Tips Feng Shui Rumah yang Menghadap Utara, Sudah Bunda Terapkan Belum?

Nisa Hayyu Rahmia Rabu, 24 Nov 2021 03:00 WIB
Pagar Rumah Minimalis Foto: Getty Images/iStockphoto

Feng shui yang merupakan ilmu dari Negeri Tirai bambu memang acap kali digunakan dalam pengaplikasian desain rumah. Tak hanya di negaranya sendiri, di Indonesia pun banyak yang mempercayai paham yang satu ini.

Salah satu hal yang paling mempengaruhi adalah posisi rumah. Tak sembarangan lho, jika Bunda memiliki pintu rumah yang menghadap ke barat, maka akan memiliki perbedaan dengan feng shui pintu rumah yang menghadap ke utara.

Mengutip dari situs SF Gate, dalam feng shui, pintu depan adalah gerbang melalui di mana chi atau energi baik memasuki rumah Bunda. Menyelaraskan pintu dengan arah menghadapnya itu penting, karena hal tersebut mengundang energi yang selaras dengan lingkungan sekitar.


Energi dari utara sendiri berelemenkan air sehingga akan diperkuat oleh warna biru dan hitam. Jika Bunda ingin tahu selengkapnya, simak feng shui rumah arah utara yang dikutip dari SF Gate dan The Spruce berikut ini.

1. Warna pintu

Feng shui mengenal adanya delapan arah dan menghubungkan masing-masing arah dengan warna, elemen, dan aspek kehidupan keluarga dan sosial. Dalam kompas feng shui, utara mewakili karir Bunda, sementara selatan mewakili ketenaran dan pengakuan.

Oleh karena itu, biru dan hitam adalah warna terbaik untuk pintu yang menghadap ke utara. Selain kedua warna tersebut, Bunda juga bisa menggunakan abu charchoal. 

Sebagai alternatif, Bunda juga dapat memilih warna elemen logam karena logam mengalirkan air dalam siklus lima elemen feng shui. Logam terhubung dengan kegembiraan, ketepatan, keindahan, dan komunikasi. Warna elemen logam di antaranya putih, metallic, dan abu-abu.

2. Menonjolkan elemen air

Jika Bunda tidak bisa mengecat pintu dengan warna-warna tersebut karena satu dan lain hal, Bunda bisa mencoba cara lain untuk mengundang energi air dari utara, seperti:

  • Membangun air terjun atau kolam ikan di dekat pintu depan. Fitur air dianggap sangat menguntungkan dalam feng shui karena air yang mengalir melambangkan pendapatan. Terutama saat air menumpuk.
  • Menggantung spanduk biru atau biru-putih di teras depan Anda. Apa pun yang menggabungkan warna utara dengan fluiditas air mengundang energi utara yang sejuk. 
  • Menggunakan keset sambutan berwarna hitam yang elegan.
  • Menambahkan tanaman berbunga putih ke depan pintu untuk menyambut elemen logam.
  • Tambahkan nomor rumah logam ke pintu depan rumah.

Bunda, selain kedua tips di atas, masih ada tips feng shui rumah hadap utara yang perlu Bunda ketahui. Klik baca halaman selanjutnya, yuk.

Rumah baru Arya Saloka yang bergaya FarmHouse keren banget, Bunda. Cek video yuk untuk mencari inspirasi:

[Gambas:Video Haibunda]

FENG SHUI RUMAH HADAP UTARA: RUANG DI DALAM PINTU DAN UKURAN PINTU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!