sign up SIGN UP search


moms-life

9 Manfaat Air Mawar sebagai Skincare: Cegah Penuaan Dini dan Lembapkan Kulit

Kinan Jumat, 26 Nov 2021 06:15 WIB
Glass bottle with attar bubbles and rose petals, cotton pads. Healing homemade skincare moisture toni Ilustrasi manfaat air mawar sebagai skincare. Foto: Getty Images/iStockphoto/Anna-Ok
Jakarta -

Tidak hanya punya aroma wangi khas yang menenangkan dan bikin rileks, air mawar atau rose water diketahui juga punya banyak manfaat sebagai skincare.

Dikutip dari Healthline, air mawar biasanya dibuat dengan menyuling kelopak mawar dengan uap. Komponen ini sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu secara tradisional. Baik untuk skincare, maupun untuk makanan dan minuman.

Jika ingin dipakai sebagai toner, cukup bilas wajah dengan air mawar setelah Bunda membersihkan kulit dengan cleanser. Saat ini sudah dijual produk skincare yang mengandung air mawar sebagai kandungan utamanya. Air mawar dapat dijadikan toner atau sebagai face mist yang menyegarkan kulit.


Face mist juga dapat Bunda terapkan dengan menuangkan air mawar ke dalam botol semprot. Selain membuat kulit jadi lebih lembap, aroma air mawar juga dapat menenangkan mood.

Nah, berikut rangkuman manfaat-manfaat air mawar sebagai skincare yang bisa Bunda dapatkan:

1.  Menenangkan iritasi kulit

Salah satu manfaat terbesar dari air mawar sebagai skincare yaitu karena sifat anti-inflamasi yang dimilikinya. Jika kulit wajah Bunda ada iritasi, misalnya karena eksim atau rosacea, penggunaan air mawar dapat coba diterapkan.

Banner Tren Diet Kpop

2. Mengurangi kemerahan pada kulit

Air mawar juga dapat digunakan sebagai produk skincare untuk mengurangi kemerahan pada kulit. Sifat anti-bakteri pada air mawar juga dipercaya dapat membantu mengurangi jerawat.

3. Menyamarkan bekas luka

Air mawar memiliki sifat antiseptik dan anti-bakteri yang dapat membantu menyembuhkan luka lebih cepat. Manfaat ini dapat membantu membersihkan dan melawan infeksi pada luka, termasuk luka bakar.

4. Memperbaiki mood dan bikin rileks

Istirahat cukup merupakan salah satu kebiasaan penting agar kulit senantiasa sehat. Hal ini pun bisa Bunda dapatkan dengan menghirup aroma menenangkan dari air mawar.

Sebuah studi tahun 2011 menemukan bahwa aroma khas dari air mawar memiliki sifat antidepresan dan anti-kecemasan yang kuat.

5. Mencegah penuaan dini

Air mawar sering ditemukan dalam produk skincare yang bertujuan untuk mengurangi kerutan. Alasannya, dipercaya air mawar juga memiliki efek anti-penuaan.

Selain menenangkan kulit yang teriritasi, air mawar juga dapat mengurangi munculnya kerutan jika digunakan secara rutin.

Simak manfaat air mawar untuk skincare lainnya di halaman berikut, yuk.

Simak juga video 7 tanda kulit tak cocok dengan produk skincare:

[Gambas:Video Haibunda]



MENGHILANGKAN MINYAK BERLEBIH DAN CEGAH JERAWAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!