sign up SIGN UP search


moms-life

7 Manfaat Ampas Kopi sebagai Skincare Alami untuk Wajah, Pernah Coba Pakai?

Kinan   |   Haibunda Sabtu, 20 Nov 2021 07:05 WIB
Caucasian model, age 20-29 years old using a face scrub made out of coffee, honey and milk caption

Tak hanya dapat digunakan sebagai bahan minuman, kopi juga dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Ya, Bunda dapat mendapatkan manfaat ampas kopi sebagai bahan skincare alami.

Kopi diketahui mengandung antioksidan, termasuk fenol, yang mampu membantu melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit.

Ampas kopi dapat diolah menjadi masker, scrub atau pasta untuk dioleskan ke kulit, guna mendapatkan manfaat maksimalnya.Faktanya, American Chemical Society menyebutkan bahwa kopi merupakan salah satu sumber antioksidan yang lebih populer dibandingkan minuman kaya antioksidan lain, seperti teh.


Nah, apa saja manfaat ampas kopi untuk wajah yang bisa Bunda dapatkan? Berikut ulasannya:

1. Menenangkan kulit

Dikutip dari Healthline, kandungan antioksidan dalam ampas kopi diketahui dapat memberikan efek calming pada kulit wajah. Caranya, cukup dengan mengoleskan sedikit ampas kopi, pijat perlahan dan diamkan sejenak, lalu bilas sampai bersih.

Banner Rekomendasi 3 Tanaman Hias Indoor

2. Manfaat ampas kopi untuk anti-aging

Mengoleskan ampas kopi langsung ke kulit wajah secara rutin dapat membantu mengurangi munculnya bintik-bintik hitam akibat paparan sinar matahari, kemerahan, dan kerutan halus.

Sebuah studi dari National Library of Medicine juga menemukan adanya kaitan langsung antara kopi dan penurunan efek photoaging.

3. Mengurangi peradangan

Kandungan chlorogenic acid (CGA) dan melanoidin dalam kopi dapat memberikan efek anti-inflamasi pada kulit. CGA diketahui juga berkaitan dengan pengurangan hiperpigmentasi, yang mungkin berhubungan dengan peradangan.

4. Mengatasi jerawat

Antioksidan, stimulan, dan asam klorogenat yang dimiliki kopi membuatnya dapat menjadi salah satu bahan scrub alami efektif untuk mengatasi jerawat.

Seperti diketahui, jerawat terjadi ketika minyak, sel kulit mati, dan zat lain menyumbat pori-pori. Ketika sumbatan ini terinfeksi oleh bakteri, maka timbul peradangan yang berujung pada jerawat. 

Memijat kulit wajah dengan menggunakan ampas kopi pun diyakini mampu membantu membersihkan sel-sel kulit mati dan membuka pori-pori. Asam klorogenat dalam kopi juga dapat mengurangi peradangan dan melindungi dari beberapa jenis bakteri tertentu.

Apa lagi manfaat ampas kopi sebagai skincare alami untuk wajah? Yuk simak ulasan lengkap di halaman selanjutnya, Bunda!

Kulit Bunda kering? Coba cek rekomendasi facemist di video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MANFAAT LAIN AMPAS KOPI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!