sign up SIGN UP search

moms-life

Bisnis Online Bunda Kurang Laku? Ini 4 Kesalahan yang Jarang Disadari

Mutiara Putri Kamis, 25 Nov 2021 14:41 WIB
Beautiful business woman Texting in the coffee break Ilustrasi Bisnis Online/Foto: Getty Images/iStockphoto/bernie_photo
Jakarta -

Selama masa pandemi, banyak orang memutuskan untuk membuka bisnis online, Bunda. Seketika, bisnis online menjadi tren di masyarakat karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

Bisnis online yang dijalankan pun beragam, Bunda. Mulai dari bisnis tanaman hias, makanan, pakaian, hingga kebutuhan bayi.

Menurut seorang Financial Planner, Putri Mandarina, sebelum memulai bisnis online, Bunda perlu tahu terlebih dahulu bisnis online yang Bunda jalani ini adalah tipe bisnis yang seperti apa.


"Kalau kita mau jualan online, kita harus cek, nih, tipe bisnisnya apa. Apakah bisnisnya itu digital based atau bisnis yang sebenarnya offline yang di-online-kan," katanya pada HaiBunda beberapa waktu lalu.

Meski terlihat mudah, nyatanya ada beberapa kesalahan yang menyebabkan bisnis online Bunda enggak berkembang, nih. Misalnya saja tidak memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis.

"Ketika kita menjalankan bisnis, kita harus memisahkan keuangan bisnis dan personal. Jadi kita memang anggap dia sebagai bisnis. Kita jangan ambil untuk kebutuhan misalnya belanja di pasar atau untuk shopping, itu jangan diambil," kata wanita yang akrab disapa Puma ini.

"Kecuali dengan perhitungan yang jelas, kita catat kalau memang kita berhutang ke bisnis kita," sambungnya kemudian.

Banner Wanita Pontianak Nikahi Bule

Kesalahan bisnis online yang bikin dagangan susah laku

Selain kesalahan-kesalahan umum dalam berbisnis, Putri juga menjelaskan beberapa kesalahan yang bisa bikin dagangan atau produk Bunda kurang laku, nih. Berikut ini penjelasannya.

1. Baru dipasarkan ketika barangnya ada

Strategi pemasaran dalam bisnis online memang sangat penting dilakukan, Bunda. Menurut Putri, ada baiknya barang yang Bunda dagangnya sudah mulai dipasarkan sebelum peluncuran agar bisa menarik minat pelanggan.

"Untuk Bunda yang ingin berbisnis, itu bisa melakukan marketing sebelum barangnya ada," jelasnya.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat kesalahan lainnya yuk, Bunda.

Bunda, simak juga video bisnis yang dijalani Wulan Guritno berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TIDAK MENJALANKAN BISNIS SESUAI MINAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!