sign up SIGN UP search


moms-life

3 Tips Atur Keuangan Keluarga dengan Gaji Rp3-4 Juta, Mulai Siapkan Dana Pendidikan

Mutiara Putri   |   Haibunda Kamis, 18 Nov 2021 18:50 WIB
Happy young married couple sit on couch calculate expenses use easy online banking service at home, smiling millennial husband and wife count taxes house expenditures pay bills on internet caption
Jakarta -

Mengatur keuangan keluarga memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Ini menjadi hal yang lumrah dirasakan oleh banyak orang setelah menikah. Apakah Bunda juga merasakannya?

Kita semua tentu memahami ya, bahwa pendapatan atau pos keuangan setiap orang berbeda-beda. Ada orang yang memiliki gaji di atas Rp10 juta, namun ada pula orang yang hanya mendapatkan gaji sebesar UMR, yakni sekitar Rp3 atau Rp4 juta untuk wilayah Jabodetabek.

Menurut Financial Planner, Putri Madarina, sebenarnya gaji berapapun yang masuk ke pendapatan bulanan dapat diolah dengan konsep keuangan yang sama. Bunda dan Ayah tetap harus mulai menyisihkan beberapa persen dari total pemasukan untuk investasi.


"Pada prinsipnya tetap sama, di mana ada persen yang harus diatur. Misal coba mulai sisihkan 10 persen untuk investasi. Mungkin di awal terasa sulit. Tapi lama-lama pasti bisa dan berasa hasilnya di 3-4 tahun kemudian," jelasnya pada HaiBunda beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, kalau pemasukan yang dimiliki oleh keluarga terasa kurang, wanita yang akrab disapa Puma ini menyarankan agar Bunda memiliki pemasukan tambahan. Misalnya saja seperti reseller online shop dan lain sebagainya.

"Pertimbangkan juga alternatif income side hustle seperti reseller online tanpa modal atau freelancing. Ada beberapa website luar yang bisa kasih income cukup besar. Kuncinya bersabar dan fokus untuk seriusin side hustling," kata Puma.

Nah, apakah Bunda masih berpikir berat untuk menyisihkan pendapatan dengan gaji Rp3-4 juta dalam sebulan? Simak yuk tips dari Putri Madarina berikut ini!

Banner Rekomendasi 3 Tanaman Hias Indoor

Tips atur keuangan gaji Rp3 juta - Rp4 juta

Puma menjelaskan beberapa tips yang perlu Bunda perhatikan untuk mengatur keuangan saat memiliki pemasukan antara Rp3-4 juta nih. 

1. Fokus pada kebutuhan utama

Saat keuangan belum stabil, Bunda perlu pastikan kebutuhan utama sudah terpenuhi, nih. Karena itu, Bunda harus fokuskan diri pada kebutuhan sandang, pangan, dan papan.

"Back to basic, fokus di kebutuhan utama sandang, pangan, dan papan. Setelah itu, fokuskan kebutuhan di masa depan," jelasnya.

"Untuk budget entertainment bisa dari alokasi kalau ada dana tambahan," sambungnya kemudian.

Selanjutnya, ada tips mengatur keuangan lain yang tak kalah penting untuk disimak.  Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, simak juga video adik ipar Vanessa Angel bantah tudingan pakai uang duka berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PERSIAPAN DANA PENDIDIKAN ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!