sign up SIGN UP search


moms-life

Pentingnya Punya Asuransi Jiwa Demi Anak Jika Kedua Orang Tua Meninggal Bersamaan

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 10 Nov 2021 09:31 WIB
asian chinese insurance agent explaining to his clients at their kitchen about the policies caption
Jakarta -

Kabar meninggalnya Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah masih meninggalkan duka mendalam bagi keluarga dan masyarakat Indonesia, Bunda. Bahkan banyak yang mempertanyakan bagaimana kelangsungan hidup anak semata wayang mereka, Gala Sky.

Sempat beredar sebuah video podcast Bibi yang mengatakan kalau meninggal nanti, dirinya sudah menyiapkan asuransi untuk Gala. Dengan begitu, Gala tak perlu khawatir akan kehidupannya setelah Bibi dan Vanessa meninggal. Lantas seberapa penting asuransi ini?

Ada berbagai macam jenis asuransi, Bunda. Namun, asuransi yang paling penting dan setidaknya dimiliki oleh pencari nafkah keluarga adalah asuransi jiwa.


Menurut financial planner, Annisa Steviani, asuransi jiwa perlu dipersiapkan sebelum meninggal dunia, Bunda. Untuk menyiapkannya, tidak ada nominal pasti yang harus disisihkan.

"Sebetulnya yang perlu disiapkan itu hanya asuransi jiwa, ya. Asumsi kita dan suami meninggal bersamaan, uang pertanggungan asuransi jiwa bisa untuk anak melanjutkan sekolah," katanya kepada HaiBunda beberapa waktu lalu.

"Enggak ada nominal pasti berapa yang harus disisihkan tapi namanya asuransi, makin tua kita beli, makin mahal harganya karena risikonya semakin tinggi. Jadi sebaiknya memang dibeli segera saat masih sehat, saat usia masih muda. Preminya masih murah dan anak terlindungi," sambungnya kemudian.

Banner Manfaat Air Mawar

Saat memutuskan untuk membeli asuransi jiwa, Bunda juga perlu menunjuk wali yang dipercaya untuk bisa mengklaim asuransi, nih. Kalau tidak ada penunjukan wali, maka tidak ada yang tahu kalau Bunda meninggalkan asuransi sehingga asuransi bisa hangus.

"Saat kita enggak menunjuk wali, lalu kita meninggal, maka bisa jadi enggak ada yang tahu lho kita punya asuransi jiwa. Jadinya nggak ada yang mengurus pencairannya, sementara asuransi jiwa ini ada batas waktu pencairan misal sebulan setelah meninggal dunia harus diklaim, lewat itu ya hangus," papar wanita yang akrab disapa Ica ini.

"Penunjukan wali ini penting untuk mengurus pencairannya. Wali perlu tahu di mana polis disimpan, siapa kontak agennya, ke mana dan gimana cara pencairannya," tambahnya.

Setelah membeli asuransi jiwa, jangan pernah berharap uang Bunda akan kembali, ya. Hal ini karena asuransi bukanlah investasi. Bunda diibaratkan sedang membayar perlindungan selama waktu yang ditentukan.

Beberapa waktu lalu banyak yang merasa tertipu dengan asuransi terutama asuransi pendidikan, Bunda. Lantas bagaimana cara tepat memilihnya?

Simak selengkapnya di halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, simak juga video 3 langkah mempersiapkan dana pendidikan anak sejak dini:

[Gambas:Video Haibunda]

BACA DENGAN BENAR POLIS ASURANSI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!