sign up SIGN UP search

parenting

5 Tips agar Si Kecil Mau Menabung, Jangan Biasakan Diberi Hadiah Bun

Mutiara Putri Jumat, 12 Nov 2021 07:11 WIB
Picture of young girl and her mother with piggybank sitting at table Ilustrasi Ajarkan Anak Menabung/Foto: Getty Images/iStockphoto/macniak
Jakarta -

Menabung adalah salah satu hal yang bisa menyejahterakan kehidupan di masa mendatang, Bunda. Dengan menabung, Bunda jadi enggak perlu khawatir kalau di kemudian hari ada situasi genting yang mengharuskan Bunda mengeluarkan banyak uang.

Biasanya, seseorang mulai sadar dan mulai menabung sejak usia 20 tahun ke atas, Bunda. Namun, ternyata di usia Si Kecil saat ini, mereka juga bisa mulai menabung, lho.

Ada banyak manfaat yang didapatkan dengan mulai menabung sejak usia dini, Bunda. Misalnya saja disiplin keuangan.


Melansir dari laman NDTV Profit, disiplin keuangan bisa didapatkan dengan mulai menabung di usia dini, Bunda. Si Kecil bisa dengan disiplin menyimpan uang jajan yang Bunda berikan untuk ditabung, nih.

Tak hanya itu, menabung sejak usia dini juga bisa memperbaiki kondisi keuangan untuk masa depannya, nih. Si Kecil jadi punya dana darurat sendiri kalau tiba-tiba mereka harus membeli sepatu baru yang sudah rusak atau tas.

Meski begitu, ternyata banyak Bunda yang masih kesulitan mengajarkan Si Kecil untuk menabung nih, Bunda. Terlebih sekarang ini Si Kecil sudah mulai masuk sekolah ya, Bunda.

Dalam acara Re-Opening Bank BRI KidsZania Jakarta, Head Marketing Communication BRI, Prilly Savitri, menjelaskan bahwa kesulitan mengajarkan Si Kecil menabung adalah masalah umum yang kerap terjadi. Namun, ia turut membagikan berbagai tips untuk bisa membantu Bunda, nih.

Banner Tips Merawat Tanaman Hias Indoor

Tips ajak Si Kecil belajar menabung

Ada beberapa tips yang bisa Bunda lakukan untuk bisa ajak Si Kecil mulai menabung, nih. Kalau Bunda penasaran, berikut beberapa tips keuangan yang dibagikan oleh Prilly Savitri.

1. Gunakan celengan

Memberikan celengan adalah langkah awal yang bisa Bunda lakukan untuk mengajarkan Si Kecil belajar menabung, nih. Menabung dengan menggunakan celengan juga terbilang sangat menyenangkan, Bunda.

"Kalau saya mengajarkan anak saya dari kecil menabung dengan celengan. Celengan itu selalu dia (anak) celengin (masukkan uang)," jelas Prilly.

2. Jangan biasakan kasih hadiah

Memberikan hadiah untuk merayakan pencapaian Si Kecil memang bagus dan perlu, Bunda. Namun, jangan biarkan memberikan hadiah menjadi kebiasaan dalam hidupnya, ya.

"Saya juga tidak pernah membiasakan kalau anak melakukan sesuatu nanti diberi reward. Saya enggak membiasakan yang seperti itu. Jadi dia memang akan mendapatkan uang jajan yang nantinya bisa dia tabung," kata Prilly.

"Jangan biarkan anak berpersepsi setiap kali melakukan kebaikan maka akan mendapat hadiah. Jadi pola pikirnya setiap saat harus berbuat baik," sambungnya kemudian.

Klik baca halaman berikutnya untuk mengetahui tips yang lainnya yuk, Bunda.

Bunda, simak juga video aplikasi memasak yang bisa hasilkan uang berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



BAWA KE BANK HINGGA JANGAN AJARKAN BOROS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!