sign up SIGN UP search

moms-life

Anti Boros! Ini Tips Jitu Menghemat Listrik dari Penggunaan AC

Sponsored   |   Haibunda Minggu, 28 Nov 2021 15:37 WIB
Ilustrasi AC caption
Jakarta -

Perangkat air conditioner atau AC dapat mengatasi hawa panas dalam ruangan dengan kemampuannya untuk menyejukkan ruangan dengan lebih cepat dan efektif. AC memberikan kesejukan yang maksimal saat beraktivitas maupun beristirahat di dalam rumah.

Akan tetapi, masalah tagihan listrik yang boros kerap kali dialami beberapa orang saat menggunakan AC. Kalau kamu salah satunya, maka wajib banget simak berbagai tips menghemat penggunaan AC di bawah ini. Berbagai cara ini bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi tagihan listrik yang melonjak ketika menggunakan AC.

Ilustrasi ACFoto: Dok. id.pinterest

1. Pilih AC dengan Fitur Hemat Listrik


Saat kamu berencana membeli AC, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu tentang AC terbaik berkualitas di internet atau langsung tanyakan ke staf toko. Ini karena AC memiliki berbagai merk, tipe, dan fitur yang berbeda-beda. Sehingga kamu harus lebih cermat dalam memilih AC untuk kebutuhanmu. Untuk menghemat penggunaan AC, cobalah untuk memilih AC dengan fitur hemat listrik.

AC low watt umumnya dibekali dengan kompresor yang memakai daya listrik lebih rendah dibanding dengan AC standard. Terlebih lagi, AC hemat listrik bisa membantu menghemat konsumsi listrik 20 sampai 30 persen setiap bulannya. Namun perlu diingat, kebanyakan AC low watt dijual dengan harga yang terbilang mahal.

Ilustrasi ACFoto: Dok. id.pinterest

2. Hindari Memilih Suhu di Bawah 24 Derajat

Berikutnya, kamu bisa menggunakan cara ini untuk membantu menghemat pemakaian listrik di rumah, yaitu dengan menghindari mengatur suhu AC di bawah 24 derajat.

Hal ini perlu diperhatikan sebab mengatur suhu di bawah 24 derajat pada AC hanya akan membuat penggunaan listrik semakin boros. Oleh karena itu, sebaiknya pilih suhu 24 derajat sebagai batas maksimal dalam pengaturan suhu agar tagihan listrik tidak melonjak.

Ilustrasi ACFoto: Dok. id.pinterest

3. Bersihkan AC Secara Rutin

Hal yang tidak kalah penting dalamĀ menghemat penggunaan AC adalah membersihkan AC secara rutin. Mengapa? Sebab, kotoran akan membuat kompresor AC bekerja lebih keras, sehingga membutuhkan daya listrik yang lebih banyak.

Maka dari itu, jaga selalu kebersihan filter AC kamu minimal sebulan sekali dan secara keseluruhan dengan waktu 3 bulan sekali. Pembersihan AC secara rutin ini perlu dilakukan agar performanya tetap bekerja dengan maksimal dalam menyejukkan ruangan.

Ilustrasi ACFoto: Dok. id.pinterest

4. Jangan Biarkan Sinar Matahari Masuk

Untuk membantu kinerja AC jadi lebih baik sekaligus menghemat daya listrik, kamu bisa mencoba cara satu ini, yaitu menutup gorden ruangan saat menyalakan AC. Hal ini bertujuan agar sinar matahari tidak masuk ke dalam ruangan.

Karena sinar matahari yang masuk bisa mengurangi kinerja AC, bahkan dapat merusak komponennya. Untuk itu, saat menyalakan AC pastikan kamu sudah menutup jendela dan gorden yang menjadi ruang masuknya sinar matahari.

Ilustrasi ACIlustrasi AC/ Foto: Dok. id.pinterest

5. Aktifkan Timer AC

Air conditioner memang dihadirkan untuk memberikan kesejukkan dan kenyamanan penghuninya dalam beraktivitas di ruangan. Agar bisa menghemat pemakaian listrik saat menyalakan AC, alangkah baiknya pasang terlebih dahulu timer AC. Tentukan kapan waktu saat harus menggunakan AC setiap harinya. Tanpa disadari hal ini bisa membantu kamu dalam menghemat daya listrik AC setiap hari.

6. Hindari Menyalakan AC Saat Baru Dimatikan

Terakhir, hindari menyalakan AC saat baru dimatikan. Hal ini sering kali dilakukan oleh beberapa orang ketika salah menekan tombol off pada remote AC, lalu dilanjutkan dengan tombol on. Padahal, ini bisa mengakibatkan kompresor AC bermasalah. Sebaiknya, berikan waktu beberapa menit agar kompresor AC jadi lebih awet dan tidak mudah rusak.

Itu dia beberapa tips menghemat penggunaan AC yang bisa kamu terapkan untuk meminimalisir tagihan listrik melonjak. Bagi kamu yang tertarik ingin membeli ac murah dan berkualitas, kamu bisa membelinya di Shopee melalui promo belanja Shopee 12.12 Supermarket Sale pada 12 Desember 2021 mendatang.

Nikmati juga diskon menarik seperti Diskon s/d 90%, Gratis Ongkir Xtra Lebih Banyak, Pasti Diskon 90%, Tanam Shopeepay 12M, dan promo lainnya.

(Content Promotion)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!