sign up SIGN UP search


moms-life

Keren Bun, Wirausaha Perempuan di Indonesia Capai 21 Persen

Annisa Afani   |   Haibunda Kamis, 16 Dec 2021 18:25 WIB
Young attractive asian woman owner startup business look at camera work happy with box at home prepare parcel delivery in sme supply chain, procurement, omnichannel or coronavirus quarantine concept. caption
Jakarta -

Menjadi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) memang tak mudah ya, Bunda. Di dalamnya, ada proses yang mengharuskan para pelaku untuk terus berinovasi, kreatif, dan cerdik dalam mencari peluang.

Untuk Bunda ketahui, UMKM menjadi salah satu penggerak roda ekonomi di Indonesia. Menurut data Badan Pusat Statistik pada 2019, ada sebanyak 65,5 juta pelaku UMKM di Indonesia.

Kehadiran UMKM ini berhasil memberikan kontribusi sebesar 60,51 persen terhadap Produk Domestik Bruto di tahun 2020 atau senilai Rp9.580 triliun menurut data dari Kementerian Koperasi dan UKM tahun 2021.


Enggak hanya itu, sektor UMKM juga menyerap 119,6 juta tenaga kerja atau 96,92 persen dari total tenaga kerja Indonesia. Bahkan menghimpun hingga 60,42 persen dari total investasi.

Dengan dampak yang begitu besar, maka perlu didakannya program yang bertujuan untuk membangkitkan semangat para pelaku UMKM tersebut, Bunda. Hal tersebut dilakukan oleh PT Frisian Flag Indonesia (FFI) dengan meluncurkan program Kedai Kreatif Susu Kental Manis FRISIAN FLAG: Bersama Majukan UMKM Indonesia secara daring.

Kedai Kreatif akan menjadi tempat berbagi ide kreatif dan menggali peluang usaha di bidang makanan dan minuman bersama komunitas dan para pelaku bisnis kuliner yang telah berpengalaman. Para pelaku UMKM akan mendapat pelatihan keterampilan usaha tentang prinsip pemasaran sederhana mencakup Product, Price, Place, dan Promotion yang dikaitkan dengan pemasaran digital.

"Pandemi COVID-19 menciptakan tantangan yang luar biasa terhadap dunia kerja dan usaha, termasuk UMKM di Indonesia," kata Andrew F. Saputro selaku Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia, Rabu (1/12/2021)

"Kami ingin membantu UMKM agar tetap optimis, bertumbuh, dan berkembang, di tengah situasi saat ini," sambungnya.

Program ini juga bekerja sama dengan komunitas, Bunda. Diharapkan upaya ini tidak hanya membuat pelaku UMKM kreatif menciptakan produk namun turut memanfaatkan peluang usaha serta kesadaran tentang pentingnya keamanan pangan.

Sebagai Langkah pertama dari program tersebut, kerja sama dilakukan dengan dengan komunitas Ibu Profesional. Komunitas tersebut akan memberikan edukasi serta peningkatan kapasitas usaha kepada pelaku UMKM di wilayah Jabodetabek dan Provinsi Jawa Barat.

"Komunitas Ibu Profesional sangat antusias berpartisipasi dalam program Kedai Kreatif dan bekerjasama dengan FFI membangkitkan semangat UMKM yang dimotori perempuan," kata Founder Komunitas Ibu Profesional Septi, Peni Wulandani.

"Program ini sejalan dengan komitmen Ibu Profesional dalam memberdayakan para ibu untuk menjadi agen perubahan, keberadaannya bermanfaat baik untuk diri sendiri, keluarga maupun lingkungan sekitar. Ibu Profesional juga menjadi ekosistem para ibu agar lebih percaya diri, memiliki jati diri dan bisa berdiri di atas kaki sendiri (berdikari) dengan cara belajar, berkembang, berkarya, berbagi dan berdampak untuk Indonesia yang lebih baik," ucapnya.

Sejauh ini, diketahui bahwa Kementerian Koperasi dan UKM mencatat peran perempuan dalam pertumbuhan UMKM sebagai penggerak UMKM cukup besar. Yakni 52,9 persen usaha mikro, 50,6 persen usaha kecil, dan 34 persen usaha menengah.

Wirausaha perempuan di Indonesia pun mencapai 21 persen, lebih baik dibandingkan rata-rata global yang mencapai 8 persen. Dari catatan yang ada, diketahui bahwa makanan dan minuman adalah bidang usaha yang paling diminati oleh pelaku UMKM Perempuan selain kriya dan fesyen.

Simak informasi selanjutnya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, ada tiga hal yang perlu diperhatikan saat ingin mulai berjualan tanaman hias. Apa saja? Simak dalam video berikut, yuk:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MEMULAI BISNIS ONLINE
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!