sign up SIGN UP search

moms-life

5 Tips Cara Menyimpan Selada di Kulkas agar Tetap Segar, Pisahkan Daunnya

Mutiara Putri   |   Haibunda Jumat, 07 Jan 2022 17:14 WIB
selada caption
Jakarta -

Ada berbagai macam jenis sayuran hijau yang bisa diolah untuk menambah nutrisi di dalam tubuh, Bunda. Salah satu sayuran yang paling banyak disukai adalah selada.

Selada bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan yang lezat, lho. Bunda juga bisa menggunakan selada sebagai isian dari burger atau salad.

Kalau selada yang digunakan segar dan dalam kualitas yang baik, Bunda pasti lebih semangat untuk mengonsumsinya. Sebaliknya, selada yang dalam kondisi buruk cenderung akan dibuang dan tidak digunakan.


Ada banyak cara yang bisa digunakan agar selada yang Bunda miliki masih tetap dalam kondisi baik, nih. Selada yang segar dan masih renyah adalah kunci kalau selada Bunda berkualitas baik.

Melansir laman The Spruce Eats, ada dua hal yang dibutuhkan agar selada hijau Bunda tetap dalam keadaan segar. Hal ini adalah kelembapan dan juga udara.

Mungkin Bunda berpikir kalau cara menyimpan selada yang baik adalah dengan memasukkannya ke dalam tas dengan udara yang diperas habis. Sayangnya, menghilangkan udara justru bukanlah yang selada butuhkan.

Banner Blak-Blakan Mommy ASF Layangan Putus

Tips menyimpan selada di kulkas

Sebelum Bunda melakukan kesalahan yang sama, ada beberapa tips menyimpan selada yang perlu Bunda ketahui, nih. Berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya.

1. Cuci selada

Selada memiliki berbagai macam mikroba yang tidak baik untuk tubuh. Di dalamnya terdapat bakteri, serangga, kotoran, dan pestisida. Karena itu, sebelum menyimpannya, lebih baik Bunda mencuci selada terlebih dahulu.

Dikutip dari laman Taste of Home, sebaiknya Bunda segera mencuci selada sesampainya di rumah. Caranya, ambil selada dan singkirkan daun yang rusak, layu, lembap, dan berlendir.

Selanjutnya, bilas ringan di bawah air dan keringkan dengan handuk kertas untuk membersihkan daun. Meskipun selada yang Bunda beli cukup terlihat bersih, tidak ada salahnya mencuci selada untuk menjaganya terhindar dari kotoran.

2. Pisahkan daunnya

Setelah dicuci, Bunda bisa siapkan mangkuk besar yang telah diisi dengan air dingin. Selanjutnya, rendam daun seladanya, Bunda.

Goyangkan daun dengan lembut di dalam air. Pasir dan kotoran yang ada di sela-sela daun pasti akan ikut terangkat. Setelah itu, keluarkan selada.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, simak juga video langkah praktis membuat kunyit bubuk berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



KERINGKAN DAN SIMPAN SELADA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!