sign up SIGN UP search


moms-life

5 Pelajaran Pernikahan yang Bisa Diambil dari Serial Layangan Putus

Kinan   |   Haibunda Sabtu, 08 Jan 2022 14:42 WIB
Adegan-adegan dalam serial Layangan Putus caption

Perselingkuhan menjadi salah satu masalah yang banyak dialami oleh pasangan suami istri, bahkan dapat berujung pada perceraian. Hal ini pun menjadi tema utama dari serial Layangan Putus yang kini sedang ramai diperbincangkan.

Dalam drama ini, diceritakan tentang Kinan (Putri Marino) yang harus menerima kenyataan bahwa suaminya, Aris (Reza Rahadian) berselingkuh dengan Lidya (Anya Geraldine).

Meski memiliki banyak adegan-adegan perselingkuhan yang bikin gemas, nyatanya tak sedikit juga pelajaran hidup yang dapat dipetik lho, Bunda.


Salah satunya mempersiapkan diri saat menghadapi toxic relationship, termasuk perselingkuhan, agar tidak makin merusak mental diri sendiri. Berikut ulasannya:

1. Pentingnya kesetiaan dalam pernikahan

Jika Bunda penonton setia Layangan Putus, sejak awal Aris sudah sering kali berbohong kepada Kinan. Aris kerap menutupi perselingkuhannya dengan dalih adanya keperluan kantor atau pergi bersama teman-temannya.

Namun Aris justru pergi menemui Lydia di apartemennya. Aris pun terus berusaha menutupi kebohongan demi kebohongan yang dibuatnya. Padahal dalam pernikahan, kejujuran dan kesetiaan adalah hal terpenting.

Dikutip dari Marriage, setia merupakan salah satu komponen penting dalam pernikahan. Menjaga komunikasi terbuka pun tak boleh disepelekan.

Banner Blak-Blakan Mommy ASF Layangan PutusFoto: HaiBunda/Mia

Komunikasi yang terbuka dan jujur adalah ciri lain dari kesetiaan dalam hubungan. Bicarakan segala sesuatunya, tanpa ada yang ditutup-tutupi, apalagi sampai menyimpan rahasia.

Jika sampai ketahuan di kemudian hari, kebiasaan tak jujur dan tak setia bisa merusak kepercayaan pasangan.

2. Perselingkuhan bisa jadi kebiasaan

Menurut psikolog Elizabeth Santosa atau yang akrab disapa Lizzie, perselingkuhan suami perlu dibicarakan melalui konseling. Baik jika dilakukan satu kali, maupun berkali-kali.

"Satu kali mungkin khilaf, sebagai istri bisa konseling mencari tahu apa penyebabnya. Apa mungkin karena bosan atau yang lain. Tapi kalau sudah lebih dari satu kali, ini sudah jadi habit, susah," ujar Lizzie kepada HaiBunda beberapa waktu lalu.

Lizzie menjelaskan, masalah perselingkuhan juga dapat dikonsultasikan kepada keluarga suami. Tetapi untuk hal ini, penting untuk istri membawa bukti-bukti supaya lebih dipercaya.

"Kalau mengeluh-ngeluh saja ya sulit. Pastikan buktinya cukup," pesannya.

3. Jangan pendam masalah, lakukan konseling

Lantaran harus memendam sendiri permasalahannya, tekanan darah Kinan naik hingga harus dilarikan ke rumah sakit dalam kondisi hamil tua.

Kebohongan Aris satu persatu diketahui Kinan. Sebelum akhirnya cerita kepada sahabat-sahabatnya, Kinan memilih menyimpan masalahnya sendiri sambil mengumpulkan bukti-bukti perselingkuhan suaminya.

Dari hal yang dialami Kinan, saat ada masalah yang dihadapi, sebaiknya jangan dipendam sendiri. Karena ini justru dapat menambah tekanan dan membuat stres.

Temukan orang yang dapat dipercaya untuk berbagi atau bisa juga konseling ke pakarnya. Dikutip dari Very Well Mind, menghadapi masalah perselingkuhan sendirian cenderung tidak memberikan solusi. Dikhawatirkan ini malah membuat Bunda jadi kian merasa terpuruk.

Konselor berpengalaman dapat membantu Bunda berkomunikasi dengan lebih baik dan memproses perasaan bersalah atau hal lain yang mungkin dirasakan.

Baca kelanjutannya di halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga video perbedaan antara sosok Kinan di serial Layangan Putus dengan Mommy ASF:

[Gambas:Video Haibunda]





JANGAN LUPA CINTAI DIRI SENDIRI SAAT MENGHADAPI MASALAH PERSELINGKUHAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!