sign up SIGN UP search


moms-life

Kisah TKW Kerja di Rumah Keluarga Kerajaan Arab, Hidup Nyaman Kini Terancam Pulang

Annisa A   |   Haibunda Senin, 10 Jan 2022 21:18 WIB
Fitria Denafa caption
Jakarta -

Kehidupan tenaga kerja wanita (TKW) di luar negeri selalu menarik untuk diikuti. Kisah menarik datang dari Fitria Denafa, seorang TKW yang bekerja di Arab Saudi.

Fitria Denafa sudah 15 tahun bekerja di Taif, sebuah kota yang terletak di Provinsi Mekkah. Bunda satu anak itu punya majikan yang tidak biasa, lho.

Berbeda dari TKW lainnya, Fitria Denafa bekerja untuk keluarga kerajaan di Kota Taif. Ia diberi tugas untuk merawat kediaman keluarga kerajaan di kompleks eksklusif.


Perumahan itu hanya diisi oleh rumah-rumah milik anggota keluarga kerajaan di Arab Saudi. Akan tetapi, daerah tersebut sangat sepi dan bahkan tidak dihuni. Hal itu karena keluarga raja hanya mengunjungi vila keluarga di kesempatan tertentu.

Fitria bercerita, belakangan ini keluarga raja sudah tidak pernah lagi berkunjung. Kompleks tersebut menjadi kosong dan hanya dihuni oleh ia dan keluarganya saja. Selain mereka, ada beberapa masyarakat Sudan yang pernah tinggal di kompleks tersebut.

"Saya alhamdulillah bekerja di keluarga raja yang tidak berpenghuni. Penghuninya cuma saya, Nawaf, dan suami. Ada juga sebagian orang Sudan, tapi biasanya mereka ada di luar karena sudah lanjut usia dan anak-anaknya sudah bekerja," kata Fitria, dikutip dari kanal YouTube Fitria Denafa, Senin (10/1/2022).

Banner 7 Meja Makan Terbaik

Meski tempat itu sudah kosong, Fitria tetap harus tinggal di sana untuk merawat rumah-rumah milik anggota keluarga raja. Dalam satu area, bisa terdapat banyak rumah besar nan mewah.

Biasanya, Fitria akan mulai bekerja sejak pukul 7 pagi untuk menyapu halaman rumah. Ia kemudian masuk ke dalam rumah keluarga raja untuk membersihkannya agar tidak berdebu.

Fitria akan beristirahat di waktu zuhur untuk makan, salat, dan melepas penat sejenak. Ia kemudian melanjutkan pekerjaan mengurus rumah hingga menjelang waktu maghrib. Akan tetapi, saat ini Fitria sedang tidak banyak melakukan aktivitas karena rumah sudah tidak lagi dihuni.

"Kemarin sempat kerja karena ada kabar kalau akan ada tamu yang menetap di kota Taif. Alhamdulillah sudah dibersihkan semua, tapi ternyata ada kabar lagi ternyata batal," ia bercerita.

"Akhirnya rumah ditutup lagi dan alhamdulillah aktivitas saya tidak ada pekerjaan lain, hanya masuk keluar rumah di perumahan keluarga raja," sambungnya.

kRumah keluarga raja kini sudah kosong, lantas apa saja yang dilakukan oleh Fitria? Simak kisah Fitria di halaman selanjutnya.

Saksikan juga video tentang kisah eks TKW Blitar yang mampu bangun rumah mewah di kampung:

[Gambas:Video Haibunda]

SEMUA DITANGGUNG KERAJAAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!