sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Memulai Investasi Jika Bunda Enggak Punya 'Uang Dingin', Tetapkan Tujuan

Mutiara Putri   |   Haibunda Kamis, 13 Jan 2022 16:38 WIB
Working at home caption
Jakarta -

Berinvestasi merupakan salah satu kegiatan yang difokuskan kepada masa depan, Bunda. Ada banyak cara berinvestasi, mulai dari menabung emas, saham, reksa dana, dan sebagainya.

Sayangnya, ada banyak orang yang takut mulai melakukan investasi karena tidak memiliki banyak uang. Terlebih Bunda yang baru melahirkan pasti tidak punya 'uang dingin'. Uang dingin sendiri merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menyebutkan uang yang tidak diperuntukkan untuk kebutuhan apapun.

Investasi merupakan hal yang penting untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bunda bisa menyisihkan sedikit uang setiap bulannya untuk diinvestasikan.


Tips memulai investasi

Ada beberapa tips yang bisa Bunda lakukan kalau ingin memulai investasi meski tak punya 'uang dingin', nih. Kalau Bunda penasaran, berikut ini deretannya yang Bubun bantu rangkumkan dari laman US News.

1. Mulailah

Salah satu hal yang menjadi penghambat Bunda dalam melakukan investasi adalah hanya memikirkannya dan tidak bergerak. Padahal tidak akan pernah ada waktu yang tepat untuk berinvestasi.

Mengutip dari laman US News, investor yang baru mungkin akan berpikir kalau investasi yang dilakukan akan menurun pada tahun pertama. Padahal, ini adalah salah satu cara agar Bunda bisa belajar dan tidak melakukan kesalahan yang sama di tahun berikutnya.

Banner Tanaman Hias dengan Hidroponik

2. Jangan terlalu banyak membaca internet

Internet merupakan sumber terbaik untuk mencari tahu hal yang tidak bisa Bunda ketahui, termasuk masalah investasi. Namun, seorang financial planner bernama Andrew Langdon menyarankan agar Bunda jangan terlalu sering membaca internet dan memahami media, terlebih soal berinvestasi.

"Tujuan media adalah untuk mendapatkan view, yang sering mereka lakukan dengan menulis headline yang sensasional," katanya dikutip US News.

Tujuan dari melakukan investasi sendiri adalah untuk menambah keuangan dari waktu ke waktu. Hal ini akan tercapai kalau Bunda fokus dan tahu apa yang harus dikendalikan. Misalnya seperti risiko, biaya, dan pajak.

Agar sukses berinvestasi, Bunda perlu ketenangan agar bisa membuat keputusan berdasarkan strategi investasi, nih. Jadi, jangan biarkan fokus Bunda terbelah.

Ingin mengetahui tips yang lainnya, Bunda? Klik baca halaman berikutnya, yuk!

Bunda, saksikan juga video barang Si Kecil yang bisa di sewa atau dijual lagi berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TUJUAN INVESTASI HINGGA MINTA BANTUAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!