sign up SIGN UP search


moms-life

Catat Bun, Ini Jenis Kopi yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Tim HaiBunda   |   Haibunda Jumat, 14 Jan 2022 15:51 WIB
A woman pouring cold-brew coffee into a re-usable mug in the kitchen. Ilustrasi kopi/ Foto: iStock
Jakarta -

Tak bisa dimungkiri ya Bunda, kopi adalah minuman paling populer di dunia. Faktanya, lebih dari 160 juga kantong kopi dikonsumsi dalam setahun. Tidak hanya nikmat, kopi juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Mulai dari meningkatkan energi dan fungsi otak, menurunkan risiko kanker dan diabetes tipe 2, hingga membantu menurunkan berat badan.

Nah, buat Bunda pecinta kopi yang sedang menjalani program diet, kopi ternyata juga bisa membantu menurunkan berat badan. Kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu tubuh dalam membakar kalori.

Tapi yang harus diperhatikan, tidak semua jenis kopi bisa membantu menurunkan berat badan, nih. Contohnya kopi yang ditambahkan pemanis dan bermacam-macam topping, seperti whipped cream, sirup karamel, dan masih banyak lagi. Ternyata, jenis kopi terbaik yang bisa membantu menurunkan berat badan adalah kopi hitam.


Melansir dari Eat This! Not That, menurut Donald Mankie, seorang ahli diet, kopi hitam adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Hal serupa juga diungkapkan oleh Ashley Shaw, seorang ahli gizi.

"Kopi, bila dikonsumsi dalam jumlah sedang dan tanpa terlalu banyak pemanis tambahan, dapat membantu menurunkan berat badan dan bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan," papar Shaw.

Kopi mengandung nutrisi seperti niasin, potasium, magnesium, dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, mendukung fungsi otot, dan mengarah pada kesehatan jantung yang lebih baik. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kopi juga mengandung kafein yang meningkatkan metabolisme, meningkatkan energi, dan dapat membantu penurunan berat badan.

Melansir dari Insider, berikut adalah beberapa manfaat kopi hitam untuk menurunkan berat badan. Yuk, simak!

Kopi hitam minuman rendah kalori

Kopi hitam adalah minuman rendah kalori. Penurunan berat badan dikaitkan dengan defisit kalori, yaitu ketika Bunda mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang dibakar tubuh. Cara populer untuk membantu mencapai defisit kalori adalah dengan mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada asupan kalori biasa.

Kopi hitam adalah minuman yang ideal untuk diminum ketika hendak menurunkan berat badan. Sebab, kopi mengandung kurang dari 5 kalori per porsi. Namun, lagi-lagi, kopi hitam hanya akan menjadi rendah kalori jika tidak ditambahkan bahan lainnya.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!