sign up SIGN UP search


moms-life

Kunci Sukses Buka Bisnis Sendiri, Paling Penting Atur Cash Flow dengan Tepat

Asri Ediyati   |   Haibunda Kamis, 24 Feb 2022 11:31 WIB
Young cheerful businesswoman listening music in headphones at office. caption
Jakarta -

Di era digital dan serba maju ini, semakin banyak perempuan yang mendirikan bisnis sendiri. Bisnisnya pun beragam, ada bisnis kebutuhan bahan pokok, fashion, jasa/produk kesehatan, kerajinan, hingga kecantikan. Bunda juga punya bisnis sendiri?

Nah, bicara soal bisnis, menurut perencana keuangan Prita Ghozie, Bunda harus tahu dulu, nih, Bunda berada di spektrum mana dalam mendirikan bisnis. Apakah sekadar hobi? Job-business? Atau bonafide business?

"Job to business spectrum itu ada tiga. Ada jobbie, ada job-business, dan ada bonafide business. Apa bedanya? Jobbie pada dasarnya adalah hobi yang menyamar sebagai bisnis. Basically, kita tuh suka melakukannya, and we do it from time to time. Kita merasa dengan bisnis, kita bisa ngatur waktu," kata Prita Ghozie di acara Stellar Power Accelerator via Zoom, Rabu (23/2/2022).


"Itu menurut aku, perempuan yang ngomong aku bisa jadi lebih atur waktu, mostly masih di jobbie. Kenapa bisa bilang begitu? Karena kalau sudah benar-benar mendirikan bonafide business, kita enggak bisa ngatur waktu, waktu yang ngatur kita. Kenapa? Porsi tanggungjawabnya semakin lama semakin besar."

Sementara, job-business adalah Bunda sebagai 'bisnisnya', memang mudah untuk memulai dan dapat memenuhi personal goals, tapi kekurangannya adalah risk-reward trade-off dan kelelahan. Jadi misalnya, Bunda sakit, maka bisa pengaruhi omzet bisnisnya.

Kalau bonafide business, kata Prita, kelebihannya adalah kesempatan menciptakan equity value & scalability dan mendapat kesempatan membantu banyak rumah tangga. Hanya, kekurangannya itu butuh modal besar dan kesulitan dalam eksekusi. Jadi, Bunda berada di spektrum yang mana?

Banner Makanan Harus Dihindari untuk Cegah OmicronBanner Makanan Harus Dihindari untuk Cegah Omicron/ Foto: HaiBunda/Novita Rizki

Lebih lanjut, dalam mendirikan bisnis, Prita menekankan pentingnya cash flow. Kebanyakan orang, cash flow seringkali menjadi hal paling sulit bagi para pelaku bisnis, terlebih jika baru-baru saja mendirikan sebuah usaha.

"Aspek finansial, you as an owner atau you as a founder itu harus paham tiga hal,Nomor satu adalah perkiraan kebutuhan modal. Karena kalau kita tidak memahami kebutuhan modal, kita tidak akan pernah tahu uangnya dari mana, apakah uang dari kita? Perlu enggak nambah investor? Apakah kita pinjam?" ujar Prita.

Yang kedua adalah sumbernya. Apakah memungkinkan pinjam dari bank, atau dari modal sendiri, pinjam sama saudara. Dan yang ketiga adalah kelangsungan operasional.

Prita menjelaskan, ranah kelangsungan operasional itu seperti cash flow, pembukuan, dan lain sebagainya. Itu lah yang membuat usaha kita bisa berjalan dengan baik atau tidak.

Masih bicarakan cash flow, Prita mengatakan, cash flow ibarat 'darah' dari bisnis kita. Kenapa? Baca kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

Simak juga cerita sukses pengusaha tanaman hias, raih omzet miliaran Rupiah berkat Instagram Live:

[Gambas:Video Haibunda]



CASH FLOW IBARAT 'DARAH' DARI BISNIS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!